Viral Keluhan Penumpang Soal Kursi Tegak, KAI: Kami akan Ganti dengan Beli Kereta Ekonomi Baru

- 26 Agustus 2022, 12:15 WIB
Ilustrasi bangku ekonomi di kereta.
Ilustrasi bangku ekonomi di kereta. /Dok KAI

PRFMNEWS – Seorang netizen mengeluhkan fasilitas kursi tegak dan berhadapan antar penumpang dalam kereta api kelas ekonomi hingga menilai perlu diubah, viral di media sosial.

Netizen tersebut mengaku penumpang kereta api Probowangi kelas ekonomi dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Ketapang, Banyuwangi yang mengungkap keluhan soal kursi tegak tersebut melalui cuitan Twitter.

Merespons keluhan netizen itu, PT KAI berencana mengganti kursi tegak dan berhadapan itu dengan membeli kereta ekonomi baru demi meningkatkan kenyamanan penumpang.

Rencana mengganti kursi tegak pada kereta ekonomi lama dengan membeli kereta ekonomi baru ini disampaikan Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

Baca Juga: Terbukti Langgar Kode Etik Polri, Ferdy Sambo Diganjar 2 Sanksi Terkait Kasus Pembunuhan Brigadir J

Joni Martinus menjelaskan, PT KAI sudah memprogramkan peremajaan sarana pada kereta kelas ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan.

“Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, KAI selalu berupaya untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan dalam berbagai aspek. Kali ini, KAI akan membeli kereta-kereta baru kelas ekonomi untuk menggantikan sarana yang sudah lama beroperasi,” ujar Joni Martinus.

Saat ini, lanjutnya, KAI memiliki 1.346 unit kereta penumpang, di mana 22% di antaranya sudah cukup lama dioperasikan sehingga perlu peremajaan.

Dari keseluruhan jumlah unit kereta penumpang yang KAI miliki tersebut, 58%-nya merupakan kereta kelas ekonomi, yaitu sebanyak 831 unit kereta.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x