Lihat Kondisi Pasar Tanah Abang Sepi, Teten Masduki Tekankan Pentingnya Regulasi Transformasi Digital

- 19 September 2023, 20:30 WIB
MenkopUkm Teten Masduki saat tinjau Pasar Tanah Abang Jakarta Selasa, 19 September 2023.
MenkopUkm Teten Masduki saat tinjau Pasar Tanah Abang Jakarta Selasa, 19 September 2023. /KemenkopUKM/

PRFMNEWS - Akhir-akhir ini viral di media sosial mengenai kondisi beberapa pasar seperti Pasar Tanah Abang di Jakarta dan juga Pasar Andir di Bandung sepi pembeli dan terlihat pedagang pun hanya berdiam di depan toko mereka.

Hal ini pun didapati oleh Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki saat berkunjung ke Pasar Tanah Abang pada hari ini Selasa, 19 September 2023. Teten melihat langsung bagaimana Pasar Tanah Abang yang sebelumnya selalu ramai menjadi sepi.

Karena itu, Teten menekankan pentingnya perlindungan terhadap ekonomi domestik termasuk bagi para pelaku UMKM salah satunya melalui keberpihakan regulasi di bidang transformasi digital termasuk kebijakan investasi, kebijakan perdagangan, dan kebijakan persaingan usaha.

Baca Juga: Lindungi UMKM Indonesia, MenKopUKM Larang TikTok Berbisnis E-Commerce dan Medsos Bersamaan

Teten mengatakan, Pasar Tanah Abang sebelumnya dikenal sebagai salah satu pusat tekstil terbesar di Asia Tenggara. Namun kini pasar yang sudah berdiri sejak 1735 itu nampak sepi.

Kata Teten, para pedagangnya mendapatkan tantangan berat dalam hal perubahan perilaku pasar dari offline ke online dan serbuan produk asing. Dia pun mengajak pelaku UMKM di harus go digital dan terus berinovasi.

“Jadi isunya bukan pedagang offline kalah dengan mereka yang online, namun bagaimana UMKM yang sudah go online harus memiliki daya saing dan mendorong produk lokal untuk tumbuh dan berkembang,” kata Teten.

Baca Juga: Menkop UKM Tolak Tiktok Bisnis Media Sosial dan E-commerce Secara Bersamaan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x