Waspada! BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jabar sampai Yogyakarta

- 18 September 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi.
Ilustrasi gelombang tinggi. /Freepik/wirestock/

PRFMNEWS - Wisatawan yang mengunjungi pantai selatan Jawa, khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, diminta untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi.

Karena, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi masih berpotensi terjadi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Oleh karena itu, kami kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku pada tanggal 18-19 September dan akan diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Senin.

Baca Juga: Mendag Zulhas Sebut Harga Beras Mulai Turun dan Masalah Impor Tak Jadi Kendala

Ia mengatakan tinggi gelombang 2,5-4 meter tersebut tidak hanya terjadi di wilayah perairan selatan Jabar-DIY, juga di Samudra Hindia selatan Jabar-DIY.

Dia menjelaskan, potensi terjadinya gelombang tinggi itu disebabkan kondisi pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan, yang dominan bergerak dari arah timur-tenggara dengan kecepatan berkisar 8 knot-25 knot.

"Hingga saat ini masih berlangsung musim angin timuran, sehingga gelombang tinggi masih berpotensi terjadi," jelasnya.

Menurut dia, kondisi kecepatan angin lebih dari 15 knot dan ketinggian gelombang di atas 1,25 meter dapat membahayakan perahu nelayan. Terlebih perahu yang berukuran kecil. Karena itu, para nelayan diminta waspada.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah