Dibuka 17 September, Berikut Link Pendaftaran Akun SSCASN 2023, Formasi dan Jadwal Lengkap CPNS 2023

- 5 September 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi tes CPNS.
Ilustrasi tes CPNS. /Tommy Riyadi/PRFM

PRFMNEWS - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2023 segera dimulai pada 17 September mendatang. Sebelum mengikuti seleksi, calon peserta perlu membuat akun SSCASN terlebih dahulu agar bisa mendaftar CPNS 2023. Berikut adalah link pendaftaran akun SSCASN beserta formasi dan jadwal CPNS 2023.

Sebelum membuat akun SSCASN, dipastikan pelamar dapat menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK kepala keluarga yang tercantum di kartu keluarga pelamar.

Dalam pembuatan akun SSCASN, proses validasinya akan disesuaikan dengan data Kependudukan berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL).

Baca Juga: BKN Resmi Rilis Jadwal Lengkap Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Menpan RB: Cermati Syarat dan Tahapannya

Pendaftaran akun CPNS 2023 dilakukan secara online melalui situs resmi pendaftaran ASN dan PPPK secara nasional yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI. Calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi SSCASN di link https://sscasn.bkn.go.id/.

Lantas, bagaimana cara daftar akun SSCASN 2023? Berikut ini langkah mudah yang bisa dilakukan masyarakat seperti dikutip dari Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

  1. Buka portal SSCASN, yaitu https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.

  2. Isi identitas diri pada kolom yang disediakan, seperti NIK sesuai KTP, Nomor Kartu Keluarga, Nama lengkap sesuai KTP, tempat lahir sesuai KTP, tanggal lahir sesuai KTP, Nomor handphone aktif, dan Email aktif. Kemudian pilih menu 'Lanjutkan.

  3. Lengkapi data diri, meliputi mengunggah foto ktp dan foto selfie. Lalu pilih menu 'Lanjutkan'.
  4. Cek ulang dan periksa kembali seluruh data yang telah dimasukkan. Pastikan semua data yang dimasukkan benar karena data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki. Pilih menu 'Kembali' untuk memperbaiki data sebelum diproses. Jika sudah yakin, pilih menu 'Proses Pendaftaran Akun', lalu pilih 'Iya'.

Kuota CPNS

Total kebutuhan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) adalah sebanyak 572.496 orang yang terbagi untuk instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Alokasi formasi CASN dibagi menjadi 78.862 untuk 72 instansi pemerintah pusat dan 493.634 di pemerintah daerah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x