Gen Z dan Milenial Doyan Utang, Anggota Komisi XI DPR RI: Literasi Keuangan Masih Rendah

- 23 Agustus 2023, 16:00 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI, Ahmad Najib Qodratullah
Anggota Komisi XI DPR RI, Ahmad Najib Qodratullah /

PRFMNEWS - Label Gen Z dan Milenial senang berutang yang disematkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mendapat tanggapan serius dari Legislator. Dewan melihat, inklusi keuangan berbanding terbalik dengan literasi bidang keuangan.

Anggota Komisi XI DPR RI, Ahmad Najib Qodratullah menuturkan, masalah tersebut akibat dampak dari disparitas pengetahuan pengelolaan keuangan dan mudahnya masyarakat dalam mengakses lembaga-lembaga keuangan.

"Literasi keuangan masih rendah dibanding inklusi keuangan. Kemudian saya menyoroti terkait regulasi pinjol yang banyak merugikan nasabah terutama dalam hal masyarakat melunasi utang yang dirasakan sangat menyulitkan," ungkap Najib saat dihubungi, Rabu 23 Agustus 2023.

Baca Juga: Berkat Shopee Live, Eiger Ukir Rekor Omzet 16 Kali Lipat

Berkenaan dengan hal itu, lanjut Najib, OJK perlu melakukan perlindungan konsumen secara maksimal, dan merumuskan regulasi dalam kemudahan untuk pelunasan.

"Karena dampaknya semakin meningkatnya nasabah gagal bayar kemudian masuk dalam daftar slik-ojk. Sehingga akan menambah permasalahan di kemudian hari," tambahnya.

Belum usai masalah tersebut, lanjut Najib, di sisi lain banyak pula pengaduan masyarakat yang identitasnya di salahgunakan oleh pihak pihak tidak bertanggung jawab.

"Banyak yang melapor kepada kami bahwa mereka tidak pernah mengajukan kredit, namun terdaftar sebagai debitur," ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Kemiskinan di Jabar Setahun Terakhir Turun 182 Ribu Orang

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x