Selain Ubah Layout Ujian Praktik, Tes Teori Saat Bikin SIM Kini Gunakan Teknologi Baru

- 7 Agustus 2023, 08:00 WIB
Layout lintasan S pada prosedur ujian SIM yang baru, mulai diterapkan Senin, 7 Agustus.
Layout lintasan S pada prosedur ujian SIM yang baru, mulai diterapkan Senin, 7 Agustus. /

PRFMNEWS – Perubahan layout lintasan ujian praktik SIM C motor dilakukan oleh Korlantas Polri. Selain itu, penyesuaian juga terjadi pada ujian teori di setiap Satpas wilayah.

Jika ujian praktek SIM C dipermudah dengan mengubah rintangan, ujian teori oleh Korlantas Polri kini dipercanggih menggunakan teknologi animasi.

Pemohon SIM bisa mempelajari terlebih dahulu sebelum melakukan ujian teori melalui buku panduan yang disiapkan sehingga nantinya dapat menjawab setiap pertanyaan.

Baca Juga: Berbincang dengan Keluarga Perajin Wayang Golek dari Kota Bandung, Puluhan Tahun Menjaga Warisan Budaya

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusri Yunus mengatakan, ujian teori menggunakan teknologi animasi ini jadi salah satu terobosan dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

“Saat ini ujian teori sudah menggunakan teknologi animasi. Buku panduan akan ada di setiap ruangan pencerahan di 468 Satpas, kemudian ada di tempat umum, perpustakaan atau tempat bus, tetapi tidak boleh dibawa pulang. Dari 526 soal empat bagian yang akan diujikan 65 soal,” kata Yusri Yunus, Jumat 4 Agustus 2023.

Syarat ujian SIM, imbuh Yusri, yaitu ujian teori dan praktik, lulus tes kesehatan jasmani, dan psikologi. Ke depan akan ditambah yaitu punya sertifikasi dari sekolah mengemudi yang terakreditasi.

Baca Juga: PBB: Konflik Bersenjata Pendorong Utama Kerawanan Pangan Global

Tersedia juga buku elektronik yang mudah di-download dan dibaca di manapun oleh pemohon SIM.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah