PBB: Konflik Bersenjata Pendorong Utama Kerawanan Pangan Global

- 6 Agustus 2023, 13:00 WIB
Pemandangan udara menunjukkan bangunan yang hancur akibat pertempuran sengit, di tengah invasi Rusia, di Bakhmut, Ukraina, dalam gambar diam dari video selebaran yang dirilis pada 15 Juni 2023.
Pemandangan udara menunjukkan bangunan yang hancur akibat pertempuran sengit, di tengah invasi Rusia, di Bakhmut, Ukraina, dalam gambar diam dari video selebaran yang dirilis pada 15 Juni 2023. /93rd Kholodnyi Yar Brigade/Handout via REUTERS/File Photo

PRFMNEWS - Belum lama ini, Sidang Dewan Keamanan PBB menyoroti masalah kerawanan pangan global akibat perang di Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut konflik bersenjata ini jadi pendorong utama kerawanan pangan.

Sebab, Blinken mengatakan tindakan Rusia sebagai bentuk pemerasan. Karena negara itu telah memblokade Laut Hitam dan ekspor biji-bijian dari Ukraina.

Baca Juga: Jadwal Pemberian Vitamin A Ditunda Hingga Oktober, Kemenkes Paparkan Alasannya

"Dan apa tanggapan Rusia terhadap kesusahan dan kemarahan dunia? Membom lumbung pangan Ukraina, memasang ranjau di pintu masuk pelabuhan, mengancam akan menyerang kapal apa pun di Laut Hitam," kata Blinken dikutip prfmnews.id dari dw.com.

Selain itu, Blinken mengecam Rusia karena mengabaikan seruan internasional dan menolak perpanjangan kesepakatan ekspor gandum Ukraina dari pelabuhan Laut Hitam ke negara-negara yang membutuhkan.

Baca Juga: Fakultas Kedokteran IPB Beri Beasiswa Mahasiswa Baru 2023 Kategori Tidak Mampu

Kemudian, dampak dari konflik tersebut, dia menuturkan bahwa Amerika Serikat yang telah menyediakan lebih dari USD 17,5 miliar sejak Januari 2021 untuk mengatasi kelaparan dan kerawanan pangan, akan memberikan USD 362 juta lebih banyak untuk mengatasi penyebab kelaparan di Haiti dan 11 negara Afrika.

Sehingga Dewan Keamanan menekankan perlunya memutus lingkaran setan antara konflik bersenjata dan kerawanan pangan.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x