Menhub Ungkap Rencana Transportasi Massal di Cekungan Bandung dari BRT Hingga Kereta Gantung

- 4 Agustus 2023, 16:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan keterangan pers usai ratas penataan transportasi terpadu di kawasan kota besar, di Istana Merdeka, Jakarta Kamis, 3 Agustus 2023.
Menhub Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan keterangan pers usai ratas penataan transportasi terpadu di kawasan kota besar, di Istana Merdeka, Jakarta Kamis, 3 Agustus 2023. /Setkab/

PRFMNEWS - Salah satu persoalan pelik di wilayah cekungan Bandung adalah masalah transportasi massal. Bahkan terkait dengan transportasi massal di Cekungan Bandung ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Perhubungan mengkaji rencana transportasi terpadu di wilayah tersebut.

Dalam keterangan keterangan pers usai ratas penataan transportasi terpadu di kawasan kota besar, di Istana Merdeka, Jakarta, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan dirinya diberi waktu satu bulan untuk mempersiapkan kajian rencana transportasi cekungan Bandung.

“Tadi kami ditugaskan oleh Pak Presiden untuk melakukan evaluasi terhadap cekungan Bandung atau Bandung metropolitan, dan kami diberikan waktu satu bulan untuk melaksanakan,” ujar Budi Kamis, 3 Agustus 2023.

Baca Juga: Ketua DPRD Kota Bandung Menanti Peran Badan Pengelola Cekungan Bandung untuk Mengatasi Masalah Transportasi

Menurut Budi, setidaknya ada tiga moda transportasi massal yang akan disiapkan di wilayah Bandung Raya yaitu lintas raya terpadu (LRT), bus rapid transit (BRT), dan kereta gantung.

Kata Budi, BRT Bandung Raya ditargetkan rampung pada 2027 mendatang dengan jumlah armada mencapai 455. Sementara untuk kereta gantung akan ditempatkan di daerah dengan ketinggian.

“BRT ini tahun 2027 selesai, ada 455 bus yang dioperasikan. Selain itu, usulan Pak Gubernur adalah kereta gantung di tempat-tempat yang ada di ketinggian,” ujarnya.

Baca Juga: Ini 20 Rute BRT Bandung Raya yang Ditargetkan Mengaspal di Tahun 2026

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x