Kru Kereta Cepat Jakarta Bandung Mulai Berlatih Lakukan Tanggap Darurat

- 31 Juli 2023, 14:00 WIB
Pelaksanaan pelatihan tanggap darurat bagi petugas KA Cepat Jakarta Bandung pada Selasa, 25 Juli 2023.
Pelaksanaan pelatihan tanggap darurat bagi petugas KA Cepat Jakarta Bandung pada Selasa, 25 Juli 2023. /KCIC/

PRFMNEWS - Berbagai persiapan terus dilakukan jelang pengoperasian kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang ditargetkan mulai beroperasi pada 18 Agustu 2023.

Selain dari sisi kereta, persiapan pun dilakukan PT KCIC pada sisi SDM. Salah satunya adalah dengan melakukan pelatihan tanggap darurat bagi petugas KA Cepat yang telah dilakukan pada Selasa, 25 Juli 2023 kemarin.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menyebutkan, pelatihan tanggap darurat ini juga merupakan rangkaian dari program pelatihan SDM operasional KA Cepat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi petugas melalui simulasi dalam berbagai kondisi darurat yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Baca Juga: KCIC Lakukan Uji Pertama KA Cepat Jakarta Bandung Bersama Kemenhub

“Pelatihan ini diharapkan dapat membentuk dan mengasah kemampuan dalam penanganan kedaruratan perjalanan KA Cepat. Petugas KA Cepat harus dapat bertindak dengan efisien dan terstruktur apabila terjadi insiden, kendala operasional atau kondisi darurat dalam operasional KA Cepat,” jelas Eva.

Dalam pelatihan itu, semua kru KA Cepat mendapat pelatihan sekaligus melakukan simulasi penanganan kejadian yang terjadi di area Stasiun/Peron, di atas KA Cepat saat berada di jalur layang dan saat berada di terowongan.

Pada pelatihan ini seluruh petugas KA Cepat baik di stasiun maupun selama dalam perjalanan seperti Petugas Peron, Pelayanan penumpang, Kondektur, Pramugari, Masinis, pengamanan, dan lainnya. Seluruh petugas terkait diberikan pelatihan sebagai bentuk konsistensi KCIC dalam mengasah kemampuan para personilnya agar dapat tanggap mengelola dan menangani kondisi darurat.

Baca Juga: Demi Dapatkan Izin Operasi, KCIC Lakukan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Bersama Kemenhub

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah