FIFA Minta Renovasi JIS Dilakukan Cepat Sebelum Piala Dunia U-17 2023

- 26 Juli 2023, 21:45 WIB
Menpora Dito Ariotedjo (kedua kanan) meninjau Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, 4 Juli 2023.
Menpora Dito Ariotedjo (kedua kanan) meninjau Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, 4 Juli 2023. /Antara/M Risyal Hidayat/

PRFMNEWS - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menyoroti kondisi terkini Jakarta International Stadium (JIS) yang diajukan sebagai vanue Piala Dunia U-17 2023.

FIFA menekankan bahwa rumput JIS membutuhkan penggantian serta pemeliharaan sebelum digunakan sebagai vanue pertandingan final Piala Dunia U-17.

FIFA mencatat bahwa saat ini, permukaan lapangan JIS menggunakan sistem tipe karpet dengan pengisi 60 mm di bagian atas. Bagian tersebut biasanya terbuat dari bahan jenis organik.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Limpahkan Berkas Tersangka Penempel QRIS Palsu ke Kejaksaan

"Saya mengusulkan perubahan ini harus dilakukan secepat mungkin untuk mendapatkan pertumbuhan rumput yang maksimal menjelang turnamen diselenggarakan,” jelas Alan.

FIFA mengemukakan kesulitan yang akan timbul jika mempertahankan sistem seperti itu. Kesulitannya adalah efektivitas akar yang sulit mencapai bagian alas karpet karena terhalang jarak 5 cm, antara zona akar atas dan zona akar bawah yang membuat pertumbuhan akar menjadi tidak efektif.

Lapangan dengan jenis karpet seperti ini juga akan mempersulit proses perawatan dengan mekanisme tertentu. Hal ini telah menjadi masalah yang umum dengan beberapa jenis karpet yang tersedia di pasaran.

Baca Juga: Kembali Reuni, Ezra Walian Senang Bisa Kembali Ditangani Bojan Hodak

Dalam hal pemełiharaan rutin, FIFA merencanakan serangkaian pelatihan manajemen lapangan untuk alih pengetahuan dari para ahli FIFA ke tim manajemen lapangan lokal serta petugas lapangan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x