Bahaya Layangan pada Keamanan Kereta Cepat, KCIC Banyak Temukan di Jalur Stasiun Padalarang-Tegalluar

- 24 Juli 2023, 20:48 WIB
Ilustrasi layangan. PT KCIC ungkap bahaya layangan di sekitar rel kereta cepat
Ilustrasi layangan. PT KCIC ungkap bahaya layangan di sekitar rel kereta cepat /danoliver2/Pixabay

 

PRFMNEWS – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus menyosialisasikan kepada masyarakat terkait upaya menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

KCIC mengajak masyarakat untuk bekerja sama mewujudkan keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Cepat Jakarta Bandung selama pengoperasian, baik pada masa uji coba maupun ketika telah resmi melayani penumpang mulai Agustus 2023.

KCIC meminta masyarakat untuk tidak beraktivitas di jalur rel Kereta Cepat Jakarta Bandung karena sangat berbahaya baik bagi diri sendiri maupun penumpang dan kru KCJB yang dalam perjalanan.

Baca Juga: Kabel Listrik Tegangan Tinggi, Polres Cimahi Pasang Spanduk Larangan Main Layangan di Jalur Kereta Cepat

Sosialisasi ini dilakukan KCIC sebab sebelumnya sejak dilakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung, telah terjadi beberapa kali insiden benda asing tergantung pada jaringan Listrik Aliran Atas (LAA) atau Overhead Catenary System (OCS).

Benda asing seperti benang dan layangan banyak ditemukan menyangkut pada LAA terutama di rute jalur antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Tegalluar.

Kondisi tersebut terjadi akibat banyak masyarakat yang bermain layang-layang di dekat jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung. Akibatnya, tak jarang layang-layang terjebak pada LAA yang mengganggu proses pengujian.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Dukung Keselamatan Perjalanan Kereta Cepat, KCIC: Benda Asing Bisa Rusak Pantograf

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menyampaikan, sebagai upaya pencegahan hal serupa terus berulang, maka sosialisasi agar jalur KCJB tetap steril terus dilakukan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x