NFA Pastikan Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Terjaga Jelang Idul Adha

- 20 Juni 2023, 08:40 WIB
Lapak daging sapi di Pasar Soreang, Kabupaten Bandung hari ini Rabu, 18 Mei 2022.
Lapak daging sapi di Pasar Soreang, Kabupaten Bandung hari ini Rabu, 18 Mei 2022. /Budi Satria/prfmnews

PRFMNEWS - Nasional/National Food Agency (NFA) melakukan berbagai langkah strategis dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha yang jatuh pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023.

"Kita bersama seluruh stakeholders tentunya terus memantau pergerakan pasokan dan harga pangan, juga melakukan intervensi di lapangan melalui serangkaian kegiatan antara lain gerakan pangan murah dan fasilitasi distribusi pangan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pangan jelang Idul Adha," ujar Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo dikutip dari ANTARA.

Menurut Arief, meningkatnya permintaan (demand) pada momentum Idul Adha merupakan siklus tahunan di mana pemerintah harus memastikan pasokan aman dan terjangkau sehingga tidak terjadi kelangkaan yang menyebabkan melonjaknya harga.

Baca Juga: Harga Telur Ayam Meroket, Mendag: 2 Minggu Lagi Turun

Gerakan Pangan Murah (GPM) menjadi salah satu instrumen pengendalian inflasi pangan di mana pemerintah menyediakan berbagai bahan pangan pokok strategis antara lain beras, minyak goreng, daging ayam, daging sapi, cabai, bawang, dan lainnya dengan harga yang terjangkau atau di bawah harga pasar.

Untuk itu, Arief mengaku terus menguatkan kolaborasi bersama kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, asosiasi dan pelaku usaha, antara lain dengan menggencarkan gelar pangan murah, fasilitasi distribusi pangan, dan memaksimalkan bantuan pangan untuk masyarakat berpendapatan rendah.

“Kerja sama ini penting untuk didorong agar terbangun konektivitas antardaerah dan setiap daerah mampu memetakan potensi pangannya dan memiliki exit strategy mengatasi dinamika inflasi pangan dan tantangannya. Kami mendorong hal tersebut melalui rakornas pengendalian inflasi yang secara rutin digelar Kemendagri, peran daerah dalam menjaga ketahanan pangan kita kuatkan,” ujarnya lagi.

Baca Juga: Sederet Maskapai Penerbangan Tambah Rute Baru dari Jakarta di Masa Libur Sekolah dan Idul Adha 2023

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x