Rugikan Jemaah Haji, Kemenag Tegur Ketidakprofesionalan Saudia Airlines

- 6 Juni 2023, 18:30 WIB
Pesawat Maskapai penerbangan Saudia Airlines
Pesawat Maskapai penerbangan Saudia Airlines /Laman www.saudiairlines.co.id//

PRFMNEWS – Kementerian Agama (Kemenag) RI menegur tindakan tidak profesional yang dilakukan pihak maskapai penerbangan Saudia Airlines sehingga merugikan jemaah haji.

Teguran Kemenag diberikan kepada Saudia Airlines karena maskapai penerbangan plat merah Kerajaan Arab Saudi ini belakangan kerap melakukan perubahan kapasitas seat (tempat duduk) pesawat.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab mengatakan kebijakan Saudia Airlines mengubah kapasitas seat pesawat, ditambah dengan perubahan jadwal penerbangan merugikan para jemaah haji, mulai dari terlambatnya proses visa hingga penempatan perhotelan di Madinah.

Baca Juga: Tegas! Menag Akan Langsung Pulangkan Petugas Haji yang Tidak Berintegritas

"Ketidakprofesionalan ini jelas merugikan jemaah dan tidak sejalan dengan jargon Saudi untuk memuliakan jemaah haji," kata Saiful Mujab dalam keterangan resminya, Senin 5 Juni 2023.

Peristiwa perubahan kapasitas tempat duduk di pesawat Saudia Airlines, ujar Saiful, terjadi sejak awal fase pemberangkatan jemaah haji.

Saat itu, jemaah kloter 2 embarkasi Jakarta - Bekasi (JKS 02), dijanjikan oleh Saudia Airlines akan diterbangkan dengan pesawat berkapasitas 480 orang.

Baca Juga: Kemenag Sentil Garuda Indonesia dan Diminta Komitmen Taati Jadwal Penerbangan Jemaah Haji

"Faktanya, Saudia Airlines ingkar dengan apa yang dijanjikan sendiri. Maskapai ini terbukti tidak sanggup mendatangkan pesawat berkapasitas 480. Malahan yang datang pesawat dengan kapasitas hanya 405 jemaah," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x