Ada Penerapan Jadwal-Lokasi Pelabuhan Sesuai Jenis Kendaraan Mudik-Balik 2023, Motor dan Mobil Beda

- 12 April 2023, 21:00 WIB
Info jadwal dan lokasi penyeberangan mudik dan balik naik kapal laut melalui Pelabuhan Merak, Banten di Pulau Jawa ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung di Pulau Sumatera. Ada jadwal berbeda untuk motor dan mobil
Info jadwal dan lokasi penyeberangan mudik dan balik naik kapal laut melalui Pelabuhan Merak, Banten di Pulau Jawa ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung di Pulau Sumatera. Ada jadwal berbeda untuk motor dan mobil /Kementerian Perhubungan

PRFMNEWS – Info jadwal dan lokasi penyeberangan mudik dan balik naik kapal laut melalui Pelabuhan Merak, Banten di Pulau Jawa ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung di Pulau Sumatera atau rute sebaliknya ini penting dicatat.

Bagi Anda yang akan mudik-balik Lebaran 2023 membawa sepeda motor maupun naik mobil pribadi ataupun bus perlu mengetahui pembagian jadwal dan lokasi pelabuhan penyeberangan dari Jawa ke Sumatera maupun rute sebaliknya.

Pada mudik 2023, pemerintah memutuskan memisahkan lokasi pelabuhan penyeberangan berdasarkan jenis kendaraan sepeda motor, mobil, bus dan truk rute Pulau Jawa tujuan Sumatera dan sebaliknya Sumatera ke Jawa.

Baca Juga: Pengadaan Tanah Tol Getaci Terus Berproses, Segmen Gedebage-Garut Utara Segera Dibangun

Pengaturan jadwal dan pemisahan pelabuhan penyeberangan sesuai jenis kendaraan tak hanya di Pelabuhan Merak dan Bakauheni disepakati sesuai Surat Keputusan Bersama Dirjen Hubdat Kemenhub, Kakorlantas Polri, dan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Nomor KP-DRJD 2616 Tahun 2023, SKB/48/IV/2023, 05/PKS/Db/2023.

Pemisahan pelabuhan penyeberangan untuk motor, mobil, bus, dan truk pada periode mudik-balik 2023 yang diatur dalam SKB tersebut diterapkan guna mengantisipasi kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Di Pulau Jawa, Pelabuhan Ciwandan telah disiapkan pemerintah untuk digunakan mengangkut kendaraan jenis motor dan truk ke Sumatera. Sedangkan mobil dan bus menyeberang melalui Pelabuhan Merak.

Baca Juga: Pemain Persib Bandung Masuk Nominasi Bek Terbaik Liga 1 Musim Ini

Sementara di Pulau Sumatera, telah dibuka Pelabuhan Panjang yang digunakan untuk penyeberangan truk dan motor ke Jawa. Sedangkan mobil dan bus diangkut melalui Pelabuhan Bakauheni.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x