Bukan Mistis, Ini 4 Penyebab Kendaraan Bisa Mogok Mendadak Saat Berada di Rel Kereta Api

- 26 November 2022, 08:33 WIB
Insiden mobil terjebak di perlintasan kereta api di daerah Laswi, Kota Bandung pada Sabtu, 27 Agustus 2022.
Insiden mobil terjebak di perlintasan kereta api di daerah Laswi, Kota Bandung pada Sabtu, 27 Agustus 2022. /Twitter @mbas2709

PRFMNEWS – Kejadian kendaraan mogok mendadak saat berada di rel kereta api tentunya sangat mengkhawatirkan bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.

Sejumlah asumsi masyarakat pun muncul tentang penyebab kendaraan mogok mendadak. Salah satunya bahkan penyebab yang dikaitkan dengan mistis hingga kendaraan sulit bergerak.

Dijelaskan oleh Ditjen Perkeretaapiaan pada akun Instagram resminya, kendaraan mogok mendadak saat berada di rel kereta api bisa sebabkan oleh berbagai faktor.

Baca Juga: Selain Kereta Tambahan, KAI Hadirkan KA Baru Saat Libur Nataru 2023 dengan Tiket Tarif Promo

Berikut 4 penyebab kendaraan mogok mendadak saat berada di rel kereta api:

1. Medan magnet dari kabel penghantar arus listrik

Pada rel kereta terdapat emisi elektromagnetik. Terdapat kabel penghantar arus yang tidak kompatibel dengan mesin mobil. Bahkan jika akan ada kereta api yang melintas sekitar 600 meter, maka akan menghantarkan medan magnet lebih tinggi dan mesin menjadi mati.

2. Medan magnet dari lokomotif

Adanya hantaran magnet dari dinamo lokomotif ke kereta yang bahkan dalam radius 1 km. Itulah alasan palang pintu rel kereta api telah ditutup meskipun kereta belum terlihat.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x