Menjelang Akhir Tahun Jateng Siap Panen 1.000 Ton Sorgum

- 26 Agustus 2022, 20:00 WIB
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng Supriyanto sebut Pemprov Jateng bersiap panen 1.000 ton sorgum.
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng Supriyanto sebut Pemprov Jateng bersiap panen 1.000 ton sorgum. /

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap mengembangkan tanaman sorgum sebagai pangan alternatif. Lahan seluas 120 hektare di tiga kabupaten disiapkan untuk mendukung ketahanan pangan nasional, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng Supriyanto mengatakan, lahan tersebut sudah ditanami sorgum dan siap panen. Lahan seluas 120 ha itu terbagi di tiga kabupaten yakni Wonogiri, Sukoharjo dan Cilacap dengan luasan berbeda-beda.

"Atas biaya APBN kami dapat 120 hektare. Di Wonogiri 50 hektare sudah tanam Juli. Nah yang 10 hektare di bulan Agustus. Di Sukoharjo 20 hektare tanam di bulan Agustus. Yang 40 hektare di Cilacap tanam Oktober tahun ini," ujar Supriyanto dihubungi via telepon, Jumat 26 Agustus 2022 siang.

Baca Juga: Minuman dari Daun Ini Ampuh Lenyapkan Kolesterol, Kata dr Zaidul Akbar

Supriyanto menyebutkan, untuk setiap hektar produktivitas tanaman sorgum bisa mencapai 8-9 ton. Jadi diperkirakan, pada 120 hektare yang telah ditanami sorgum, dapat menghasilkan sekitar 960-1080 ton.

Adapun masa panen sorgum sekitar tiga bulan. Jadi, pada musim tanam 2022 sorgum di Jateng bisa dipanen sebelum akhir tahun.

"Yang di Wonogiri tanam bulan Juli, bisa dipanen pada September akhir atau awal Oktober," imbuhnya.

Baca Juga: Jadi Debut Perdana, Luis Milla Siap Dampingi Persib Lawan PSM Makassar di Liga 1 29 Agustus 2022

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng Supriyanto.
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng Supriyanto.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x