Hasil Panen Jagung dari Sindangbarang Cianjur Mampu Dijual hingga Jateng dan Jatim

- 22 Agustus 2022, 19:57 WIB
Ilustrasi jagung
Ilustrasi jagung /Pixabay/muhammad aamir akhter/


PRFMNEWS - Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur melihat, bahwa potensi perekonomian khususnya di sektor pertanian wilayah Jawa Barat Selatan sangat besar untuk terus dikembangkan, seperti halnya di Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur.

Sektor pertanian di wilayah Sindangbarang masih mendominasi dibandingkan dengan sektor lainnya, sekitar 90 persen masyarakatnya merupakan petani padi, jagung, maupun kacang-kacangan.

Camat Sindangbarang Indra Sunggara mengatakan, sejumlah hasil pertanian dari Sidangbarang sudah dijual ke beberapa wilayah di luar Provinsi Jabar, seperti jagung dijual ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca Juga: Dijahit di Bandung, Bendera 220 Meter Dibuat Kuli Bangunan Hasil Nabung 17 Tahun Dibentangkan di Cianjur

“Kualitas jagung dan kacang tanah dari wilayah ini cukup bagus dan layak untuk dijual ke luar,” kata Indra, di Kantor Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, pada Rabu, 17 Agustus 2022 seperti dikutip prfmnews.id dari laman resmi Pemprov Jabar.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur, kualitas kacang tanah dari Sindangbarang sangat bagus, berbeda dengan kacang tanah di daerah lain.

“Kacang tanah dari sini lebih pulen, mungkin karena ditanam di pesisir pantai. Kita olah juga menjadi minyak kacang tanah,” ujar Indra.

Baca Juga: Berdayakan Perempuan di Bali, BRI Beri Pelatihan bagi Kelompok Wanita Tani Hidroponik

Indra mengatakan, kacang tanah dari Sindangbarang akan menjadi salah satu komoditas unggulan yang akan terus dikembangkan, agar bisa diekspor karena hasil dan kualitasnya bagus.

“Ini yang akan kita jadikan komoditas unggulan. Ke depannya mudah-mudahan bisa diekspor karena hasil dan kualitasnya bagus,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x