BNPT Resmikan KTN dan Warung NKRI di Temanggung, Dorong Mitra Deradikalisasi Jadi Petani Kopi

- 28 Juli 2022, 17:24 WIB
Dorong Mitra Deradikalisasi Jadi Petani Kopi Yang Hebat, BNPT Resmikan KTN dan Warung NKRI di Temanggung
Dorong Mitra Deradikalisasi Jadi Petani Kopi Yang Hebat, BNPT Resmikan KTN dan Warung NKRI di Temanggung /BNPT

PRFMNEWS - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) semakin serius mengembangkan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi para eks narapidana terorisme (mitra deradikalisasi), setelah meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Barat.

Kali ini BNPT bersama dengan Pemkab Temanggung, Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., serta Koperasi Rejo Mulyo meresmikan KTN di Sidempul dan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di Embung Bansari, Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada hari Rabu 27 Juli 2022.

KTN seluas 10 hektar di kaki Gunung Sindoro ini akan dimanfaatkan untuk program reintegrasi sosial bagi Mitra Deradikalisasi BNPT.

Baca Juga: KASAD Dudung Sebut TNI AD akan Otopsi Jenazah Kopda M yang Meninggal di Rumah Orangtuanya

Mereka bersama dengan masyarakat sekitar melakukan budidaya tanaman kopi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar pada umumnya dan memberikan kemandirian ekonomi bagi mitra deradikalisasi pada khususnya.

"Mitra deradikalisasi akan menjadi petani kopi yang hebat tangguh sebagaimana yang kita lihat di lingkungan desa Bansari, kopi itu komoditas yang terkenal, kami yakin di bawah bimbingan Kementan akan menghasilkan keterampilan sebagai petani kopi," kata Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H.

Jenderal bintang tiga ini juga menyampaikan sebagai pusat reintegrasi sosial, nantinya mitra deradikalisasi akan dititipkan kepada koperasi untuk bersama sama masyarakat meningkatkan produksi serta mempromosikan kopi Temanggung yang sudah terkenal ini.

"Kami titipkan kepada koperasi seluruh teman-teman mitra deradikalisasi, pasti ini akan terus berkembang menjadi unit usaha yang menguntungkan, apalagi ini kopi temanggung yang memang sudah hebat dan top di Indonesia," lanjut Boy.

Baca Juga: Persib Perketat Pengamanan GBLA, Pemeriksaan Penonton Dilakukan 3 Lapis

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x