Cegah Paham Radikal Terorisme, Pemkab Bandung dan BNPT Sinergi Kembangkan KKTN

- 13 Januari 2022, 17:50 WIB
Suasana dialog kebangsaan yang digelar Pemerintah Kabupaten Bandung dengan BNPT bersama Forkopimda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dalam rangka Pencegahan Paham Radikal Terorisme. Bertempat di Rumah Dinas Bupati Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 13 Januari 2022.
Suasana dialog kebangsaan yang digelar Pemerintah Kabupaten Bandung dengan BNPT bersama Forkopimda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dalam rangka Pencegahan Paham Radikal Terorisme. Bertempat di Rumah Dinas Bupati Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 13 Januari 2022. /Budi Satria/PRFMNEWS.

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sepakat bersingergi untuk mengembangkan Kawasan Khusus Terpadu Nusantara (KKTN).

Sinergi ini terbentuk setelah Pemkab Bandung menggelar Dialog Kebangsaan dengan BNPT bersama Forkopimda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dalam rangka Pencegahan Paham Radikal Terorisme di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 13 Januari 2022.

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Nisan Setiadi, sinergi bersama Pemerintah Kabupaten/Kota merupakan misi penting BNPT dalam melakukan pencegahan radikalisme dan terorisme hingga ke daerah pelosok.

Nisan melanjutkan, sinergi ini akan tertuang dalam program KKTN, yakni program deradikalisasi eks napi terorisme.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Wanita Bersimbah Darah di Bekasi Ditangkap, Motifnya Bikin Merinding

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Nisan Setiadi
Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Nisan Setiadi /Budi Satria/PRFMNEWS.

KKTN rencananya akan dikembangkan dengan mencakup sejumlah aspek, yakni deradikalisasi, ekonomi dan pariwisata.

"Kita harus berdayakan eks napi terorisme. Selain itu agar mereka tidak kembali tepapar paham radikalisme dan terorisme," jelas Nisan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bandung, Dadang Supriatna menyebut adanya KKTN untuk eks napi terorisme tersebut efektif untuk untuk proses deradikalisasi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X