10 Negara Terbersih di Dunia Menurut Standar EPI, Apakah Indonesia Termasuk Salah Satunya?

- 19 Agustus 2022, 15:50 WIB
Potret keadaan Denmark, negara terbersih, teraman, dan terdamai di dunia.
Potret keadaan Denmark, negara terbersih, teraman, dan terdamai di dunia. /Pixabay/12019

PRFMNEWS - Kebersihan merupakan faktor penting bagi semua negara dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan para warganya. Kebersihan tak hanya dilihat dari seberapa banyaknya sampah bertebaran di jalan atau sanitasi air yang bersih.

Negara dengan kualitas udara bersih yang tinggi sangat memungkinkan warganya terhindar terjangkit dari partikel berbahaya. Alhasil, dapat mengurangi risiko penyakit yang terkait dengan polusi udara pula.

Namun, sebaliknya, negara dengan polusi tinggi, tingkat risiko penyakit tak menularnya juga akan tinggi pula. Misalnya kematian yang disebabkan polusi beracun. Selain itu, tingkat kebersihan suatu negara juga menjadi pertimbahan para wisatawan untuk berkunjung.

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Yale dan Universitas Columbia bekerja sama dengan Forum Ekonomi Dunia, untuk mengukur kebersihan dan keramahan lingkungan dari 180 negara di seluruh dunia.

Baca Juga: Jalan Layang Prof Mochtar Kusumaatmadja Bandung Macet Hari Ini

Melalui penelitian ini, para ilmuwan telah menciptakan sebuah standar penilaian, yakni Environmental Performance Index (EPI) dengan 32 indikator dan 11 kategori, sebagai acuan dalam menilai kebersihan suatu negara. Setiap negara akan diberi angka antara 0 - 100 sebagai EPI. Semakin tinggi angkanya, semakin ramah lingkungannya.

Lantas, negara mana saja yang masuk ke dalam 10 besar negara terbersih di dunia? Mengutip dari laman worldpopulationreview.com, inilah daftarnya.

1. Denmark

Tak hanya cuma dikenal sebagai negara dengan penduduk yang bahagia, Denmark juga berhasil mencatatkan namanya sebagai negara terbersih nomor satu di dunia tahun ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x