Polisi Lumpuhkan 21 Drone Liar Sepanjang Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika

- 14 Februari 2022, 19:45 WIB
Polda NTB menembak jatuh drone liar di Sirkuit Mandalika saat Pramusim MotoGP.
Polda NTB menembak jatuh drone liar di Sirkuit Mandalika saat Pramusim MotoGP. /dok Polda NTB

PRFMNEWS - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) NTB melumpuhkan 21 drone liar selama tes Pramusim MotoGP 2022 di langit Sirkuit Mandalika pada 10-12 Februari 2022.

Kabid Humas Polda NTB Kombes, Pol Artanto mengatakan tindakan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman.

"Tindakan ini untuk memberikan rasa aman bagi para pebalap dan penyelenggara MotoGP Mandalika," ujar Artanto dalam keterangan resminya, Minggu 13 Februari 2022.

Baca Juga: Tes Pramusim MotoGP 2022 Selesai, Tapi 3 Fasilitas Pendukung Sirkuit Mandalika ini Belum Rampung

Seluruh drone ini diturunkan paksa dengan alat pengacak sinyal khusus drone (anti-drone jammers) dengan kemampuan deteksi hingga 2 kilometer milik Korps Brimob Polri.

Sebanyak 5 drone berhasil dilumpuhkan pada 10 Februari, 7 drone sehari setelahnya 11 Februari, dan terakhir pada Sabtu 12 Februari berhasil diturunkan secara paksa sebanyak 9 drone.

Keberadaan drone ini, mengganggu helikopter yang akan terbang. Kebijakan ini tak lepas dari kesepakatan antara Polda NTB dengan penyelenggara dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga: Hasil Tes MotoGP Mandalika Hari Ketiga: Pol Espargaro Tercepat

"Drone liar yang terbang tanpa izin dari penyelenggara MotoGP tidak diperbolehkan untuk terbang karena akan mengganggu jalannya kegiatan di atas lintasan. Kami sudah mengimbau warga untuk tidak menerbangkan drone tanpa izin," paparnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x