LAPAN Sebut Para Pemantau Hilal Dilengkapi Teknologi Canggih

- 23 April 2020, 15:54 WIB
Ilustrasi pemantauan hilal.*
Ilustrasi pemantauan hilal.* /dok.PRFM

BANDUNG, (PRFM) – Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengungkapkan, para pemantau hilal (rukyatul hilal) pada saat ini telah melengkapi diri dengan peralatan canggih.

Dengan peralatan tersebut, para pemantau hilal bisa mengirim data akurat sebagai dasar pengambilan keputusan penetapan 1 Ramadan 1441 H melalui sidang isbat.

Thomas menututurkan, peralatan canggih ini terdiri dari teleskop digital yang terhubung dengan program komputer.

Baca Juga: Penumpang Bus di Terminal Leuwipanjang Wajib Ikuti Rapid Test

“Pemantau hilal tinggal memasukan data hilal yang hendak diamati, dan secara otomatis teleskop tersebut mengarah ke objek yang ingin diamati,” ucapnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis (23/4/2020).

Lebih lanjut, penggunaan teleskop digital dapat membantu manusia menangkap cahaya. Seperti diketahui, bukaan penerimaan cahaya dari hilal hanya sekitar selebar pupil mata atau sekitar 0,5 centimeter jika dipantau menggunakan teleskop konvensional.

 “Tapi dengan menggunakan teleskop, bisa lebih dari 10 centimeter untuk bukaan penerimaan cahaya. Sehingga cahaya hilal yang redup bisa dikumpulkan dan diperkuat,” pungkas Thomas.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x