Pandemi COVID-19, KJRI Sebut Tak Ada Ibadah Umrah di Ramadan Tahun ini

- 20 April 2020, 07:04 WIB
Ilustrasi.* PRFM
Ilustrasi.* PRFM /

BANDUNG,(PRFM) - Ramadan tinggal beberapa hari. Selain wajib melaksanakan shaum selama sebulan penuh, umat islam banyak yang berupaya menyempurnakan shaumnya dengan melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci.

Namun sayang, di tengah pandemi COVID-19, ibadah sunah di dua kota suci Mekah dan Madinah ini tak bisa dilakukan oleh semua umat islam di dunia termasuk umat islam dari Indonesia.

Baca Juga: SMS Notifikasi Ponsel dengan IMEI Terdaftar Mulai Dikirimkan Kominfo

Konsulat Haji dan Umroh KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan jika pada ramadan tahun ini tidak akan ada penyelenggaraan umrah. Hal ini menyusul masih diberlakukanya lockdown oleh Kerajaan Arab Saudi di dua kota suci Mekah dan Madinah.

"Untuk umrah saya kira bulan ramadan tidak mungkin ada," ucap Endang saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (13/4/2020) silam.

Namun terkait haji, Endang mengaku pihaknya masih menunggu konfirmasi dari pihak Kerajaan Arab Saudi. Namun berbagaia persiapan masih tetap dilakukan baik di Tanah Air maupun di Tanah Suci.

Baca Juga: Puluhan Ribu Buruh Akan Gelar Aksi Jelang May Day

"Dari aspek persiapan dari pemerintah kita saya kita on going process baik di Indonesia persiapan pelunasan, kemudian penerbangan juga dokumen on going process. Dari Arab Saudi sendiri artinya dari kesiapan di Tanah Suci kita sudah 90 persen, cuma tidak ada kontrak saja," sebutnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x