Kerajaan Arab Saudi Masih Belum Berikan Kejelasan Terkait Ibadah Haji

- 13 April 2020, 11:35 WIB
Suasana di Masjidilharam, Mekah, Arab Saudi.* dok.PRFM
Suasana di Masjidilharam, Mekah, Arab Saudi.* dok.PRFM /

BANDUNG,(PRFM) - Konsulat Haji dan Umroh KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan jika pada ramadan tahun ini tidak akan ada penyelenggaraan umrah. Hal ini menyusul masih diberlakukanya lockdown oleh Kerajaan Arab Saudi di dua kota suci Mekah dan Madinah.

"Untuk umrah saya kira bulan ramadan tidak mungkin ada," ucap Endang saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (13/4/2020).

Baca Juga: Setengah Kasus Kematian di Jabar Ada di Kota Bandung, PSBB Belum Diputuskan

Sebagaimana diketahui bersama, setiap ramadan, banyak umat islam menyelenggarakan ibadah umrah sebagai penyempurna ibadah shaum.

Sementara itu, saat ditanya terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, Endang belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Pasalnya, pihak kerajaan Arab Saudi pun belum memberikan keterangan lebih lanjut.

"Untuk haji sampai saat ini belum ada putusan atau kebijakan pemerintah Arab Saudi terkait penangguhan ataupun pelaksanaan. Yang ada hanya terkait kontrak layanan yang kita disuruh menunggu sampai wabah COVID-19 ini mereda," jelasnya.

Baca Juga: Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna Sayangkan Banyak Pihak yang Abaikan Perintah Surat Edaran

Meski belum ada kejelasan dari kerjaan Arab Saudi, Endang memastikan jika persiapan haji terus dilakukan pemerintah Indonesia baik di Tanah Air maupun di Arab Saudi.

"Dari aspek persiapan dari pemerintah kita saya kita on going process baik di Indonesia persiapan pelunasan, kemudian penerbangan juga dokumen on going process. Dari Arab Saudi sendiri artinya dari kesiapan di Tanah Suci kita sudah 90 persen, cuma tidak ada kontrak saja," sebutnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

x