Di Tengah Pandemi COVID-19, KPU Sudah Rancang Aturan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020

- 20 April 2020, 06:31 WIB
Ilustrasi Pemilu.* DOK PRFM
Ilustrasi Pemilu.* DOK PRFM /

BANDUNG,(PRFM) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menunda tahapan-tahapan dan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020. Penundaan ini ditunda karena adanya pandemi COVID-19.

KPU sendiri telah menyusun mekanisme penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak jika terpaksa digelar di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga: Begini Cerita Perawat RSPI Sulianti Saroso Saat Rawat Pasien COVID-19

"KPU sebetulnya sudah merancang beberapa hal, misalnya pemutakhiran data pemilih. Apakah memungkinkan UU yang mengatur tentang pasal pemutakhiran data pemilih, verifikasi dukungan calon, itu semua diubah menjadi digital," kata Ketua KPU RI Arief Budiman dalam diskusi virtual bertajuk "Pilkada 9 Desember 2020 Mungkinkah?" di Jakarta, Minggu (19/4/2020) dikutip dari ANTARA.

Bahkan, kata dia, mekanisme kampanye akan disesuaikan menjadi "digital campaign" sehingga tidak perlu lagi ada kampanye yang melibatkan pertemuan banyak orang.

"Itu sudah kita siapkan, termasuk bagaimana nanti pemungutan dan penghitungan suaranya," katanya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Bakal Perketat Pemeriksaan di Pintu Masuk Selama PSBB

Pada tempat pemungutan suara (TPS), kata dia, akan diatur mengenai jarak antarbilik secara terukur sehingga tidak lagi saling berhimpitan.

"Kemudian, jumlah pemilih di TPS kemungkinan juga akan kita kurangi karena kalau mengikuti jumlah yang ada sekarang bisa sampai 800 orang. Banyak sekali orang dalam TPS," katanya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x