Komnas KIPI dan Kemenkes Buka Suara Soal Dugaan 2 Anak Meninggal Usai Vaksinasi Covid-19

- 3 Januari 2022, 12:05 WIB
Ilustrasi.  vaksinasi anak
Ilustrasi. vaksinasi anak /Pixabay/mohamed_hassan

PRFMNEWS - Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (Komnas KIPI) Prof. Hindra Irawan Satari memberikan penjelasan terkait adanya dua orang meninggal yang disebut meninggal dunia karena vaksinasi Covid-19.

Adanya berita yang menyebutkan dua anak yang meninggal di Kabupaten Jombang dan Kabupaten Bone seusai penyuntikan, pihak Komnas KIPI sudah melakukan audit bersama Komda KIPI dan Dinas Kesehatan setempat pada 30 Desember 2021.

Menurutnya, data yang dirangkum hingga 30 Desember 2021, memang sebanyak 363 KIPI serius yang dilaporkan seluruh provinsi di Indonesia. Namun kasus meninggal sampai saat ini belum ada.

Baca Juga: Berkaca dari Serial Layangan Putus, Ternyata ini 8 Alasan Kenapa Seseorang Selingkuh, Nomor 2 Bikin Kaget

Baca Juga: Dalam 30 Menit, Tim Damkar Berhasil Padamkan Kebakaran Hebat di Tebet Jakarta

Hasil dari investigasi menyatakan bahwa keduanya meninggal tidak terkait dengan vaksinasi Covid-19, melainkan penyakit bawaan.

“Kasus kematian di Kabupaten Jombang disimpulkan unclassifiable atau tidak cukup data. Sementara kasus kematian di kabupaten Bone disimpulkan dengan penyakit jantung bawaan,” tutur Hendra, seperti dilansir prfmnews.id dari laman resmi Kemenkes hari ini Senin, 3 Januari 2021.

Selain itu, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi juga buka suara terkait kejadian yang menimpa dua orang yang diisukan meninggal setelah penyuntikan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: TNI Gelar Rekonstruksi Kasus Tabrakan Sejoli di Nagreg

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x