Kedatangan Luar Negeri Meningkat di Tengah Penularan Omicron, Pemerintah Minta Masyarakat Lakukan Hal ini

- 22 Desember 2021, 12:05 WIB
Ilustrasi varian Omicron.
Ilustrasi varian Omicron. /Reuters/Dado Ruvic

PRFMNEWS – Tren kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) ke Indonesia meningkat dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

Adanya tren peningkatan kedatangan para pelaku perjalanan luar negeri itu membuat pemerintah meminta masyarakat melakukan beberapa hal, sebagai upaya antisipasi kemungkinan meluasnya penularan varian Omicron di tanah air.

Fakta mengenai tren peningkatan kedatangan PPLN ke Indonesia itu disampaikan langsung oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada Selasa. 21 Desember 2021.

Baca Juga: Naik 8 Kali Lipat dalam Sepekan, Jumlah Negara Terinfeksi Omicron Bertambah

"Sayangnya, di tengah ancaman Omicron dan upaya mempertahankan kasus yang terkendali. Dalam dua bulan terakhir ini, tren kedatangan pelaku perjalanan dari luar negeri ke Indonesia justru meningkat," kata Wiku.

Menurut Wiku, tren kenaikan kedatangan PPLN terlihat di tiga pintu kedatangan, yakni Bandara Soekarno Hatta (Tangerang, Banten), Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong (Sanggau, Kalimantan Barat), dan Pelabuhan Batam Center (Kota Batam, Kepulauan Riau).

“Di Bandara Soekarno Hatta, kedatangan pelaku perjalanan internasional sebelumnya hanya sekira 1.000 sampai 2.000 pada Oktober 2021. Sedangkan pada Desember 2021 naik menjadi 4.000,” ucap Wiku.

Baca Juga: Kasus Pertama Omicron Masuk Indonesia Diduga Sejak 27 November, Kemenkes: Pentingnya Karantina

Sementara di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong pada akhir November 2021 hanya masuk 50 sampai 100 pelaku perjalanan internasional. Pada 10 Desember 2021 naik menjadi 300 orang.

"Hal serupa juga dijumpai di Pelabuhan Batam Center yang pada awal November 2021 memiliki angka kedatangan sekira 100 sampai 200, menjadi 200 sampai 400 pada pertengahan Desember 2021," ujar Wiku.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x