Jokowi Minta Polri Jangan Sowan ke Ormas yang Sering Berbuat Keributan

- 3 Desember 2021, 13:58 WIB
Presiden Joko Widodo meminta Polri jangan sowan ke ormas yang sering berbuat keributan.
Presiden Joko Widodo meminta Polri jangan sowan ke ormas yang sering berbuat keributan. /BPMI


PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo meminta agar kepolisian terus menjaga ketegasan dan kewibawaan dalam tubuh Polri.

Presiden mewanti-wanti agar jajaran Polri tidak menggadaikan kewibawaan, misalnya dengan melakukan sowan kepada ormas yang sering berbuat keributan.

"Saya sudah lama ingin menyampaikan, (kalau) ada Kapolda baru, Kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan," ucap Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah (Kasatwil) Tahun 2021 di Bali, Jumat 3 Desember 2021.

Baca Juga: Oknum Ormas PP Serang Polisi saat Demo, Endra Zulpan: AKBP Dermawan Karosekali Luka Serius di Kepala

"Hati-hati jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan, Polri harus memiliki kewibawaan," sambungnya.

Jokowi juga menegaskan apabila ada kritik, kepolisian diminta untuk menanggapi kritikan tersebut dengan pendekatan persuasif dan dialogis.

"Kritik dipanggil, mengkritik dipanggil. Kalau mengganggu ketertiban iya silakan, tapi kalau enggak jangan, karena kita sudah menyatakan ini negara demokrasi. Hormati kebebasan berpendapat dan serap aspirasinya," tuturnya.

Baca Juga: Mendagri Minta Kepala Daerah Bangun Komunikasi dengan Ormas Tomas

Ia menjelaskan, Indonesia merupakan negara demokrasi sehingga terbuka terhadap kritikan yang dilayangkan kepada pemerintah. Jokowi meminta agar setiap unsur kepolisian dapat menghormati kebebasan berpendapat.

Selain itu, ia mengingatkan bahwa hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu. Ketegasan harus dilakukan kepada setiap pelanggar hukum yang melakukan tindak kejahatan baik pada negara maupun masyarakat.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x