Covid-19 akan Jadi Endemi, Ini yang Bisa Dilakukan Masyarakat untuk Menghadapinya

- 21 September 2021, 20:30 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Dok PRFM.


PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat, masyarakat diminta mulai belajar untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

Jokowi juga mengatakan, pemerintah sedang mempersiapkan strategi pada masa transisi dari pandemi menuju ke endemi.

Lantas apa yang bisa dilakukan masyarakat untuk menghadapi endemi Covid-19?

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Transisi dari Pendemi ke Endemi, Presiden Jokowi: Mulai Berlajar Hidup Bersama Covid-19

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Hery Trianto menjelaskan, konstribusi masyarakat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Indonesia memerangi penularan Covid-19.

Masyarakat diharapkan dapat menerapkan adaptasi kebiasaan baru, sebuah kebiasaan yang akan sangat berbeda dengan kebiasaan beraktivitas sebelum adanya Covid-19.

"Sangat tergantung kontribusi masyarakat, masyarakat harus jadi subyek dari peran melawan Covid, jadi mereka adalah bagian dari upaya memerangi penularan ini melalui adaptasi kebiasaan baru," ujarnya saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 21 September 2021.

Baca Juga: Jokowi Sebut Covid-19 Tidak akan Hilang dalam Waktu Dekat, bakal Jadi Endemi

Menurut Hery, hal yang bisa dilakukan masyarakat adalah menjaga protokol kesehatan yakni menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, dan sering mencuci tangan.

Kemudian yang tak kalah penting adalah jangan sampai tenggelam dalam euforia penurunan kasus. Ia tidak ingin masyarakat larut dalam euforia sehingga mengabaikan protokol kesehatan dan malah mengakibatkan lonjakan kasus lagi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x