Mendagri Tito Karnavian Minta PKK Bergerak Cegah Stunting dan Kendalikan Pandemi Covid-19

- 14 Juli 2021, 16:03 WIB
 Mendagri Muhammad Tito Karnavian dalam acara Pelantikan Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi yang dilaksanakan secara virtual, Rabu 14 Juli 2021
Mendagri Muhammad Tito Karnavian dalam acara Pelantikan Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi yang dilaksanakan secara virtual, Rabu 14 Juli 2021 /Puspen Kemendagri.

PRFMNEWS -  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bergerak mencegah stunting dan berperan dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Titp dalam acara Pelantikan Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi yang dilaksanakan secara virtual pada Rabu 14 Juli 2021.

Tito berharap, pelantikan yang dilakukan tak menjadi sekadar seremonial dan ritual belaka, namun dapat menjadi momentum bagi PKK Provinsi Sulawesi Tengah dan Jambi dalam mengoperasionalkan gerakan PKK yang memiliki jaringan terluas, dan menyentuh komunitas terkecil yakni keluarga.

Sebagai mesin pengendali sosial, menurut Tito, gerakan PKK dapat dimanfaatkan dalam mendukung pembangunan pemerintah di pusat dan daerah, seperti peningkatan kesejahteraan keluarga, ekonomi keluarga, pendidikan, kesehatan, utamanya dalam mencegah stunting.

Baca Juga: Penutupan Ruas Jalan di Kota Bandung pada Masa PPKM Darurat jadi 40 Titik, Lihat Jadwal Selengkapnya di Sini

“Saya menggarisbawahi, di antaranya program stunting, yaitu bagaimana untuk mengurangi angka stunting, pertumbuhan yang tidak baik, baik secara fisik terjadi kekerdilan, perkembangan otak yang tidak bagus kepada anak kita karena kekurangan gizi,” ujarnya.

Karena itu, Tito meminta TP PKK memperhatikan dan menyosialisasikan pentingnya asupan nutrisi pada ibu hamil. Hingga pemberian nutrisi di 1.000 hari kehidupan ketika bayi telah dilahirkan.

Hal itu dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan instansi lain, seperti Dinas Kesehatan, BKKBN, jaringan kecamatan hingga ke desa. Sampai pada kerja sama dengan lembaga nonpemerintah seperti Corporate Social Responsibility (CSR).

“Untuk itu, perlu dilakukan inventarisasi, bekerja sama dengan semua pihak sehingga kita harapkan anak-anak kita tumbuh sehat dan berkembang menjadi tenaga kerja yang produktif untuk kemajuan bangsa,” kata Mendagri Tito Karnavian.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x