BLT UMKM Tahun 2021 Dilanjutkan, Ada 2 Jenis Bantuan yang Disiapkan Pemerintah

- 18 Maret 2021, 07:39 WIB
Pemerintah pastikan BLT UMKM tahun 2021 kembali digulirkan
Pemerintah pastikan BLT UMKM tahun 2021 kembali digulirkan /dok.PRFM


PRFMNEWS - Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM dipastikan kembali dilanjutkan pada tahun ini. Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat akan segera meresmikan bantuan pembiayaan bagi para pelaku usaha itu.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, ada dua jenis program bantuan kepada pelaku UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Program pertama adalah BLT UMKM yang nilainya Rp2,4 juta pada tahun 2020, kemudian program kedua yaitu PEN bagi UMKM yang telah mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga: KABAR BAIK, Kemenkop UKM Usulkan BLT UMKM Rp2,4 Juta Dilanjutkan Tahun Ini

Baca Juga: Pendapatan UMKM di Jabar Turun Drastis, Tak Sedikit yang Bangkrut

"Bagi usaha mikro yang unbankable, BPUM Insya Allah segera akan digulirkan oleh Presiden," ujar Teten seperti dilaporkan oleh ANTARA, Rabu 17 Maret 2021.

Bantuan tunai bagi UMKM yang telah mendapatkan KUR nantinya akan berupa fasilitas subsidi bunga KUR dan pembiayaan modal kerja koperasi melalui LPDB-KUMKM.

Baca Juga: Terungkap ! Modus Pungli BLT UMKM di Kabupaten Bandung, Pelaku Sukses Raup Rp800 Juta

"Pemerintah terus mematangkan alternatif pembiayaan untuk UMKM dan Koperasi yang murah, mudah, dan cepat agar UMKM cepat naik kelas," ungkapnya.

Selama pandemi Covid-19, berdasarkan data Teten mengungkapkan bahwa sebesar 98 persen UMKM mengalam penurunan penjualan dan 50,5 persennya mengurangi karyawan.***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x