Terungkap ! Modus Pungli BLT UMKM di Kabupaten Bandung, Pelaku Sukses Raup Rp800 Juta

- 12 Februari 2021, 13:20 WIB
Ilustrasi pungli BLT UMKM di Kabupaten Bandung
Ilustrasi pungli BLT UMKM di Kabupaten Bandung /PRFM

PRFMNEWS - Satgas Saber Pungli Jawa Barat berhasil mengungkap dugaan pungutan liar (pungli) terhadap para penerima BLT UMKM di Kabupaten Bandung.

Total uang pungli yang didapat pelaku mencapai lebih dari Rp800 juta.

Jumlah korban pungli dari para pelaku usaha ini sekira 1.400-an orang. Setiap orangnya dikenakan pungli berkedok pemotongan BLT UMKM Rp600 ribu hingga Rp1,2 juta.

Baca Juga: LAGI ! Warga Ini Jadi Korban Modus Penipuan Lowongan Kerja Pabrik di Rancaekek, Kenali Ciri-cirinya

Kepala Bidang Datin Humas Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Jawa Barat, Yudi Ahdiyat menuturkan, total uang pungli yang berhasil dikumpulkan terduga pelaku yaitu sebanyak Rp804.900.000.

"Pemohon UMKM yang menerima bantuan dilakukan pemotongan antara 600 sampai 1,2 juta rupiah, atau 25 sampai 50 persen dari nilai bantuan Rp2,4 juta dari pemerintah," ujar Yudi saat on air di Radio 107,5 PRFM NEWS Channel, Jumat 12 Februari 2021.

Sejauh ini pihaknya berhasil menetapkan tiga orang terduga pelaku yang melakukan pungli BLT UMKM di Kabupaten Bandung. Mereka adalah SBG, JS, dan YG.

Baca Juga: Segera Login e-Form BRI, BLT UMKM Rp2,4 Juta Cair Bulan Februari 2021

Yudi pun menjelaskan kronologisnya. Berawal pada Agustus 2020 para pelaku usaha di beberapa kecamatan Kabupaten Bandung didatangi seseorang yang mengaku dari koperasi. Orang itu mengatasnamakan Sub Korlap Koperasi Sawarna Seknas Sejatra.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x