LAGI ! Warga Ini Jadi Korban Modus Penipuan Lowongan Kerja Pabrik di Rancaekek, Kenali Ciri-cirinya

- 12 Februari 2021, 12:18 WIB
Ilustrasi modus penipuan
Ilustrasi modus penipuan /PRFM


PRFMNEWS - Edi Sutrisno, warga Kabupaten Bandung mengaku dirinya menjadi korban modus penipuan yang terjadi pada Selasa 9 Februari 2021 lalu. Modusnya adalah penipuan lowongan kerjaan dengan iming-iming membantu masuk ke perusahaan tesebut.

Saat itu, Edi berniat untuk membantu salah satu anggota keluarganya, untuk mendapatkan pekerjaan setelah lama menganggur. Berbekal informasi dari rekan sekantor, ia pun tergiur untuk ikut mendaftarkan keponakannya itu pada seseorang, yang mengaku dapat membantu masuk ke perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja.

Ia dihubungi oleh terduga pelaku, seorang wanita, untuk melakukan pertemuan dan membawa sejumlah biaya untuk administrasi.

Baca Juga: Kena Modus Uang Kembalian, Penjaga Warung Nasi Liwet jadi Korban Pencurian

"Sempet juga saya dihubungi (diduga) pelakunya gitu, untuk janjian ketemu rencananya mah. Cuma informasi dari temen katanya ya, ada ADM-nya istilahnya, kalau laki-laki 1 juta, kalau perempuan kemarin minta 800 ribu," ujar Edi saat On Air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Jumat 12 Februari 2021.

Keraguan Edi sudah muncul sejak awal, karena foto KTP yang dikirimkan dengan penampilan aslinya berbeda. Edi dan terduga pelaku bertemu keesokan harinya di kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Tepat di sekitar gerbang sebuah pabrik tekstil.

"Saya niatnya pengen membantu, nolong anggota keluarga yang belum punya kerja, ya mungkin di situ kecurigaan saya kesampingkan dulu. Soalnya memang betul-betul fisiknya beda, dengan yang diposting temen saya, fotocopy KTP-nya," lanjut Edi.

Baca Juga: Jelang Liburan Nataru, Pemkab Garut Incar Pelaku Pungli dengan Modus Cuci Mobil di Kawasan Wisata

Edi sempat berbincang-bincang dengan terduga pelaku, mengharapkan keponakannya dapat segera diterima bekerja. Pada pertemuan itu Edi pun memberikan berkas-berkas yang diperlukan layaknya sedang melamar pekerjaan, dimasukkan ke dalam sebuah amplop besar.

Uang yang katanya biaya administrasi, baru saja diambilnya dari ATM. Disatukan dalam amplop bersama berkas-berkas tadi, lalu diserahkan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x