Aisha Weddings Bikin Menteri PPPA Geram, Promosikan Pernikahan Anak Usia 12 Tahun

- 11 Februari 2021, 07:53 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlundungan Anak (PPA), Bintang Puspayoga
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlundungan Anak (PPA), Bintang Puspayoga /dok Kemen PPPA


PRFMNEWS - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga dibuat geram karena adanya salah satu penyelenggara jasa pernikahan yang mempromosikan pernikahan anak usia 12 tahun.

Adalah Aisha Weddings yang ramai di media sosial karena menganjurkan bahkan mewajibkan pernikahan anak perempuan pada usia 12 - 21 tahun. Aisha Weddings mempromosikan hal ini melalui website aishaweddings.com dan pamflet.

"Promosi untuk nikah di usia muda yang dilakukan Aisha Weddings membuat geram Kemen PPPA dan semua LSM yang aktif bergerak di isu perlindungan anak. Tidak hanya pemerintah, tetapi masyarakat luas juga resah karena Aisha Weddings telah mempengaruhi pola pikir anak muda, bahwa menikah itu mudah," ujar Bintang dalam keterangan resminya, Rabu 10 Februari 2021.

Baca Juga: WO Aisha Weddings Dilaporkan ke Polisi Gara-gara Promosikan Pernikahan Anak 12 Tahun

Bintang menuturkan, pernikahan di Indonesia sudah diatur dalam Undang-Undang Perkawinan Nomor 16 tahun 2019 yang menyebutkan Perkawinan diizinkan apabila perempuan dan laki-laki sudah berumur 19 tahun.

Ia menilali, promosi Aisha Weddings tersebut telah melanggar dan mengabaikan pemerintah dalam melindungi dan mencegah anak menjadi korban kekerasan dan eksploitasi seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 17 tahun 2016.

"Promosi Aisha Weddings bertentangan dengan hukum. Tindakan tersebut telah mengurangi upaya pemerintah dalam usaha menurunkan angka perkawinan anak yang dampaknya sangat merugikan anak, keluarga dan Negara," paparnya.

Baca Juga: KPAI Sebut Hingga Akhir 2020, Ada 82 Ribu Anak Positif Covid-19

Baca Juga: Waduh, Situs Porno Ditemukan di Buku Sosiologi SMA, FAGI Jabar: Ini Lebih Bahaya dari Kasus Jilbab

Bintang mengakui Kemen PPPA akan menanggapi kasus ini secara serius karena karena Aisha Weddings dinilai tidak mempedulikan nasib anak-anak dengan mengkampanyekan nikah di usia muda.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x