Puncak Musim Hujan Diprediksi Terjadi pada Hari Ini 31 Januari 2021

- 31 Januari 2021, 18:46 WIB
Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan //PRFM

PRFMNEWS – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyampaikan soal prediksinya terkait puncak musim hujan di wilayah selatan Indonesia. LAPAN menyebut puncak musim hujan yang terjadi di wilayah selatan Indonesia terjadi pada 31 Januari 2021.

Hal itu disampaikan Peneliti Sains Atmosfer Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN Dr. Erma Yulihasti, Minggu 31 Januari 2021. Menurutnya, periode puncak hujan tersebut dikonfirmasi oleh aktivitas pertumbuhan awan dan hujan di selatan Indonesia yang semakin menguat sejak 27-31 Januari, dengan maksimum hujan terjadi pada 29 Januari dan akan persisten hingga 31 Januari.

Selain itu, potensi peningkatna hujan di selatan Indonesia terjadi secara merata mulai Sumatera bagian selatan hingga Pulau Alor.

Baca Juga: LINK STREAMING Sinetron Ikatan Cinta RCTI Malam Ini, Mulai Tayang Pukul 19.30 WIB

Adapun, hujan harian yang secara konsisten terjadi dimulai sekitar pukul 12.00 WIB. Di sebagian besar wilayah tersebut tak hanya mengalami peningkatan secara intensitas, namun juga durasi hujan.

Beberapa kawasan, bahkan mengalami durasi hujan yang lama atau terjadi secara persisten dari pukul 12.00 WIB hingga malam hari pukul 21.00 WIB.

Erma menuturkan peningkatan hujan siang hingga malam hari yang merata di selatan Indonesia ini terjadi karena pembentukan konvergensi skala meso yang memanjang di atas daratan, khusus untuk Pulau Jawa pusat konvergensi terjadi di bagian tengah dan timur.

 

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x