Terungkap ! Ternyata Ini Penyebab Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Melonjak

- 9 Januari 2021, 13:45 WIB
Ilustrasi varian baru virus Corona di klaim lebih cepat menular dibanding sebelumnya.
Ilustrasi varian baru virus Corona di klaim lebih cepat menular dibanding sebelumnya. /pixabay.com/geralt

PRFMNEWS - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus memecahkan rekor. Bahkan pada Jum'at 8 Januari 2021 kemarin, kasus harian penyebaran Covid-19 di Indonesia mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah yakni menembus 10.617 kasus per hari.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, penambahan kasus harian Covid-19 yang semakin tinggi, dinilai sebagai dampak dari masa libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021 dan akibat semakin abainya masyarakat dalam kepatuhan disiplin protokol kesehatan.

"Berat bagi saya untuk menyampaikan data ini. Penambahan kasus positif harian per hari ini, adalah yang tertinggi sejak awal pandemi (Maret), mencapai 9 ribu. Bahkan angka ini meningkat hampir 500 (kasus) hanya dalam waktu satu hari ini. Ini adalah imbas dari libur panjang," ujarnya Jum'at 8 Januari 2020.

Baca Juga: Polisi Akan Gelar Olah TKP Terkait Video Asusila Gisel di Medan

Baca Juga: Hanya dengan NIK KTP, Begini Cara Mudah Cek Penerima Bansos Rp300 Ribu Januari 2021

Baca Juga: 15 Pegawai Positif Covid-19, Layanan Samsat Pajajaran Kota Bandung Dihentikan Sementara

Wiku menjelaskan, seharusnya perkembangan kasus Covid-19 paska libur panjang 3 periode sebelumnya, bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat.

"Ini adalah kondisi yang sangat mengkhawatirkan dan perlu untuk segera dihentikan," tegas Wiku.

Berdasarkan data grafik perbandingan, tren kepatuhan protokol kesehatan dan penambahan kasus positif mingguan, Wiku menjabarkan bahwa terlihat menurunnya kepatuhan sejalan dengan meningkatnya penambahan kasus positif.

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x