Geram dengan Buruknya Penanganan Covid-19 Pekan Ini, Jokowi Minta Kepala Daerah Lakukan Ini

- 30 November 2020, 10:34 WIB
 Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Rapat Terbatas (Ratas) Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin 30 November 2020.*
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Rapat Terbatas (Ratas) Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin 30 November 2020.* /Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram dengan perkembangan kasus virus corona (Covid-19) yang mengalami lonjakan drastis pada pekan ini.

Dia menilai, penanganan Covid-19 pada pekan ini sangat buruk. Berdasarkan data Covid-19 yang ia terima per 29 November 2020, kasus positif corona di Indonesia meningkat 13,41%.

Angka ini lebih tinggi dari rata-rata pekan lalu yang berada di angka 12,78%.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun Dikurangi, Pengamat: Bakal Berdampak Buruk Terhadap Perekonomian

Baca Juga: Ajay Ditangkap KPK, Wakil Wali Kota Cimahi Pastikan Pelayanan ke Masyarkat Tetap Berjalan Normal

Baca Juga: Kebakaran Hebat Terjadi di Petamburan, Dekat Kediaman Habib Rizieq? Ini Kata Polisi

Dengan adanya kenaikan kasus yang drastis tersebut, dia pun meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengingatkan gubernur, bupati, dan wali kota agar betul-betul memegang penuh kendali wilayah masing-masing berkaitan dengan masalah Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

"Tugas kepala daerah itu melindungi keselamatan warga, saya sudah sampaikan bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," ujar Jokowi pada Rapat Terbatas (Ratas) Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, yang dipantau dari akun Youtube Sektetariat Presiden, Senin 30 November 2020.

Baca Juga: Tidak Naik Tidak Turun, Berikut Harga Emas Logam Mulia Hari Ini Senin 30 November 2020

Baca Juga: Kenang dan Hormati Maradona, Napoli Gunakan Jersey Khusus Saat Kalahkan AS Roma

Baca Juga: Jadwal Lengkap Acara TV Hari Ini, Senin 30 November 2020, SCTV, Trans TV, Indosiar dan Lain-Lain

Selain angka rata-rata kasus Covid-19 yang mengalami kenaikan, pada pekan ini rata-rata kesembuhan mengalami penurunan. Dari rata-rata minggu lalu sebesar 84,03, saat ini angka rata-rata kesembuhan nasional menjadi 83,44%.

"Ini semuanya memburuk," kesalnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengatakan bahwa ada dua provinsi yang perlu menjadi perhatian khusus yaitu Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

Pasalnya, dua provinsi tersebut mengalami peningkatan kasus yang signifikan dalam dua tiga hari belakangan.

"Saya ingatkan ada dua provinsi yang perlu perhatian khusus karena peningkatan (kasus Covid-19) dua tiga hari ini, yaitu Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Agar melihat betul-betul kenapa peningkatan begitu sangat drastis," katanya.

Simak video pilihan berikut. 

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x