Disdik Kota Bandung Mulai Rancang Sistem PPDB Online Tahun 2020

- 27 April 2020, 06:10 WIB
Ilustrasi PPDB.**
Ilustrasi PPDB.** /Dok. PRFM

BANDUNG,(PRFM) - Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Sejak Maret silam, pemerintah sudah memutuskan semua kegiatan belajar mengajar hingga ujian sekolah dilakukan secara online atau daring.

Selain kegiatan belajar mengajar, penerimaan peserta didik baru (PPDB) pun terkena imbasnya. Rencananya, dinas pendidikan (Disdik) kota Bandung berencana menggelar PPDB tahun 2020 secara daring.

Baca Juga: Hamka Hamzah Pernah Deal dengan Haji Umuh untuk Berseragam Persib Bandung

Sekretaris disdik Kota Bandung Cucu Saputra mengatakan, warga maupun sekolah yang secara infrastruktur kurang memadai akan dibantu. Dengan demikian, setiap sekolah dan warga dipastikan akan bisa melakukan proses pendaftaran secara daring untuk tingkat SD dan SMP negeri yang berada di bawah wewenang Disdik Kota.

"Kita antisipatif melalui sebuah mekanisme pendaftaran secara daring. Tentu dalam pelaksanaannya jangan panik karena kami akan melakukan upaya-upaya semacam persiapan selektif di tiap sekolah baik di SD negeri maupun SMP negeri bagi mereka yang secara teknologi mungkin masih tidak biasa atau bagi masyarakat yang secara teknologi kurang siap ini kami bantu di tiap-tiap sekolah asal atau di sekolah terdekat di sekolah negeri," jelas Cucu saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Minggu (26/4/2020).

Baca Juga: Dunia Internasional Bantu Indonesia Lawan Corona

Di masa pandemi ini, setiap wali kelas membuat sistem komunikasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau kegiatan belajar online. Nantinya komunikasi PJJ ini akan dimanfaatkan juga oleh wali kelas untuk pendataan siswa untuk keperluan PPDB.

"Jadi media komunikasi itu (PJJ) bisa digunakan untuk menyerahkan data diri melalui wali kelasnya masing-masing, jadi ini bisa meminimalisasi masyarakat datang ke sekolah," ujarnya.

Cucu mengakui jika semua warga tak semuanya paham terkait teknologi informasi kekinian. Diyakininya jika kemungkinan orang tua siswa untuk datang langsung ke sekolah tujuan di tengah pandemi covid-19 masih ada.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x