Melawan COVID-19 Berat, Yana Minta Jangan Ada Stigma Bagi Penderita dan Keluarganya

- 16 April 2020, 11:42 WIB
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana/* HUMAS KOTA BANDUNG
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana/* HUMAS KOTA BANDUNG /

BANDUNG,(PRFM) - Setelah sempat berjuang melawan Covid-19, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana tahu dan paham betul rasanya berjuang melawan penyakit akibat virus yang menyerang organ pernafasan itu. Ia mengalami hari-hari berat saat menjalani pengobatan sendirian di rumah sakit.

Maka, ia sangat menyayangkan ketika ada orang-orang yang secara sosial menjauhi orang yang menderita Covid-19. Bahkan ada pula warga yang menolak jenazah yang meninggal karena Covid-19.

Baca Juga: KABAR BAIK : Dua Pemain Juventus Daniele Rugani dan Blaise Matuidi Sembuh dari COVID-19

“Perjuangan ini cukup berat. Justru, mereka yang terkena Covid-19 harus mendapat banyak dukungan dari orang-orang sekitar,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima prfmnews, Kamis (16/4/2020).

Yana mengaku beruntung karena banyak mendapat suntikan motivasi, doa, dan energi positif dari keluarga terdekat dan teman sejawat. Hal tersebut menguatkannya untuk melewati berbagai tahap penyembuhan.

Ia meminta agar warga sekitar dan keluarga penderita untuk bisa membantu meringankan beban pasien positif ini. Tidak hanya dengan memberi dukungan moril tetapi juga bisa membantu memenuhi kebutuhannya agar pasien bisa mengisolasi diri secara optimal.

“Kalau positif tanpa gejala yang berat, mereka harus mengisolasi diri di rumah. Sebaiknya kita dukung kebutuhan mereka sehari-hari selama minimal 14 hari. Dia kan nggak bisa ke pasar atau ke warung karena di luar akan bertemu dengan orang lain dan berpotensi menularkan. Maka tetangganya harus membantu,” bebernya.

Baca Juga: Sembuh dari COVID-19, Wander Luiz : Terima Kasih Semuanya

Ia meminta tidak ada lagi orang-orang yang memandang negatif penderita Covid-19. Sebagaimana istilah lama, jauhi penyakitnya, bukan orangnya. Penyakit ini bukan aib dan bisa menyerang siapa saja.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah