Pemkot Bandung Serahkan Bantuan Satu Unit Ventilator ke RSHS

- 30 Maret 2020, 14:09 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita menyerahkan bantuan satu unit ventilator atau alat bantu pernapasan untuk Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Senin (30/3/2020).*
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita menyerahkan bantuan satu unit ventilator atau alat bantu pernapasan untuk Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Senin (30/3/2020).* /TOMMY RIYADI/PRFM

 

BANDUNG,(PRFM) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita menyerahkan bantuan satu unit ventilator atau alat bantu pernapasan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Penyerahan bantuan dilakukan di Balai Kota Bandung, Senin (30/3/2020).

Rita menyampaikan, penyerahan ventilator kepada RSHS ini dilakukan lantaran rumah sakit rujukan COVID-19 itu sangat memerlukan alat tersebut. Pasalnya, pasien positif corona di RSHS meningkat.

"(Ventilator) ini untuk RSHS karena rumah sakit rujukan yang pasiennya banyak, tentu perlu alat ini," kata Rita.

Baca Juga: Update Kasus Corona di Bandung: Positif 20, ODP 258, PDP 50, Meninggal 8

Rita mengatakan, bantuan ventilator itu berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) Ciumbuleuit Grup. Dengan tambahan 1 ventilator, saat ini RSHS memiliki total 8 ventilator.

"Harganya (ventilator) kurang lebih Rp608 juta," kata Rita.

Menurut Rita, bantuan yang diperlukan mendesak saat ini adalah alat pelindung diri (APD) baik yang lengkap, maupun yang standar minimal. APD kata dia, dibutuhkan tenaga kesehatan disemua fasilitas layanan kesehatan.

"APD urgent (mendesak) baik yang lengkap, atau minimal (standar minimal) karena pasien dalam pengawasan (PDP) makin bertambah," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Siapkan Rp3 Miliar Bantu Warga Terdampak Corona

Lebih lanjut ia menuturkan, guna mengkoordinir seluruh bantuan untuk rumah sakit rujukan, rencananya bantuan akan melalui satu pintu yakni dari Dinkes Kota Bandung.

"Satu pintu lebih bagus, data-data dari kami, RS kebutuhannya berapa, siapa yang menyumbang, itu akan lebih bagus dan terkoordinir," tandasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x