Gatal Menyiksa? Ini Bahan Alami Pereda Rasa Gatal

- 20 November 2020, 21:54 WIB
Ilustrasi gejala gatal.
Ilustrasi gejala gatal. /Pixabay/Anastasia Gepp



PRFMNEWS - Rasa gatal sering kali terasa pada kulit sehingga membuat kulit berubah kemerahan dan muncul bentol di area yang gatal.

Gatal bisa sebabkan oleh serangga, debu, alergi bahkan cuaca.

Saat kulit terasa gatal, refleks pasti anda garuk. Jika garuk masih dalam tahap wajar tidak akan melukai kulit, namun saat gatal tidak tertahankan anda akan terus menggaruknya hingga tak sadar anda melukai kulit.

Sebagai penghilang rasa gatal, tanpa harus menggaruknya, anda bisa mencoba bahan-bahan alami seperti berikut.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Liga inggris Pekan Ini, Tottenham vs City, MU, Liverpool, Chelsea, Arsenal

Baca Juga: Update Sebaran Corona Kabupaten Bandung 20 November, Pacet Penyumbang Terbanyak Kasus Positif Aktif

1. Mentol

Mentol bisa digunakan sebagai pereda gatal, anda bisa menggunakan minyak esensialnya.

Saat anda menggunakan minyak esensial dari mentol, kulit akan terasa dingin dan membantu menghilangkan rasa sakit dan gatal.

2. Es batu

Jika memiliki es balok di rumah, anda bisa membalut balok es ke dalam kain basah atau bisa juga dengan dikompres selama 5-10 menit dan tempelkan ke area kulit yang gatal.

Jika memiliki lotion, anda bisa memasukkan lotion ke dalam frezer agar saat lotion diratakan, akan memberikan sensasi dingin pada kulit.

Sebuah studi yang dilakukan American Academy of Dermatology membuktikan bahwa dengan mengompresnya dengan es batu dapat menghilangkan rasa gatal.

Baca Juga: Sumedang Seleksi 300 Petugas Parkir Jelang Parkir Berlangganan Januari 2021

Baca Juga: DPR Minta Stakeholder Sinergi Soal Penyelesaian Proyek Tol Cisumdawu

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat, yang telah digunakan sebagai disinfektan dan antiseptik luka alami. Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), cuka sari apel dapat membantu meredakan kulit kepala yang gatal.

Jika ingin mencobanya, anda cukup meraciknya dengan takaran air menggunakan rasio 1 banding 1. Oleskan larutan ke kulit kepala dan biarkan mengering sebelum dibilas dengan lembut dengan air hangat.

Namun jika anda memiliki kulit kepala yang pecah-pecah dan berdarah dapat menyebabkan sensasi terbakar pada luka terbuka. Jadi hindari pemakaian dengan menggunakan cuka apel.

4. Baking soda

Baking soda atau aoda kue memiliki khasiat anti jamur. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa baking soda adalah pengobatan yang efektif untuk berbagai kondisi kulit jamur, banyak di antaranya dapat menyebabkan gatal-gatal.

Jika ingin menghilangkan gatal menggunakan soda kue anda cukup menambahkan seperempat cangkir soda kue ke dalam bak mandi air hangat.

Alternatif lainnya anda bisa mencampur soda kue dengan sedikit air untuk membentuk pasta, yang dapat dioleskan langsung ke area yang gatal.*** (Dian Meilani/JOB)

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x