DPR Minta Stakeholder Sinergi Soal Penyelesaian Proyek Tol Cisumdawu

- 20 November 2020, 21:16 WIB
Proyek pembangunan Tol Cisumdawu.
Proyek pembangunan Tol Cisumdawu. /RIFKI ABDUL FAHMI/PRFM

PRFMNEWS - Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi mendorong adanya sinergi antar stakeholder terkait target penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu). Menurutnya, jika pembangunan jalan Tol Cisumdawu delay, pada akhirnya konsekuensi yang akan ditanggung negara bukan hanya dari sisi fungsi tapi juga dari konsekuensi anggaran.

Ia mengingatkan pentingnya sebuah formulasi-formulasi target penyelesaian proyek jalan tol Cisumdawu terhadap time table yang sudah diputuskan.

Mulyadi juga mengimbau kepada stakeholder terkait agar terus berkomitmen pada target penyelesaian yang sudah disepakati, bukan hanya sekedar komitmen yang disepakati di ruang rapat.

Baca Juga: Soal Penurunan Baliho, Wagub DKI: Tanggungjawab Satpol PP

"Jadi saya kira ini menjadi hal penting untuk diingatkan kembali terkait target, fungsi, konsekuensi, cost, dan tenor. Jangan sampai misalnya karena tenor terlalu lama costnya menjadi membengkak. Hal ini saya sampaikan sebagai bagian dari tanggung jawab kami pada fungsi anggaran dan pengawasan," jelas saat mengikuti pertemuan tim kunjungan spesifik Komisi V DPR RI dengan Ditjen Bina Marga, PT. Jasa Marga, BPJT dan PT. Citra Karya Jabar Tol, Kamis 19 November 2020.

Lebih lanjut terkait persoalan pembebasan lahan, Mulyadi menekankan pentingnya melakukan pendekatan-pendekatan dengan kearifan lokal khususnya dengan masyarakat (yang terkena dampak pembebasan lahan) harus lebih dikedepankan dan intens dilakukan.

Mengingat proyek nasional ini penting, ia berpesan pentingnya memberikan update kondisi di lapangan agar nantinya anggota DPR RI yang berada di dapil tersebut juga bisa membantu proses penyelesaian masalah dengan duduk bersama masyarakat. 

Baca Juga: Sekolah Dibuka Januari 2021, AKSI: Tak Berubah Signifikan, Hanya Utak-Atik Istilah

"Kami tidak ingin kehadiran kami sekedar kehadiran seremonial. Lebih dari itu ada komitmen, uang rakyat, dan konsekuensi fungsi dan anggaran yang dipertaruhkan. Apalagi proyek jalan Tol Cisumdawu ini berfungsi untuk meningkatkan penerimaan negara, maka dari itu jangan sampai ada hambatan-hambatan apalagi kalau kita buka celah pada para spekulan-spekulan. Jangan sampai Cisundawu itu terkenal karena delay-nya, saya kira ini harus segera diakhiri dan akan terus saya kawal," imbuhnya. 

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x