Berikut Ini Ragam Bahan Alami yang Digunakan Sebagai Alternatif Pengganti Pasta Gigi

- 27 Oktober 2020, 21:02 WIB
ILUSTRASI Pasta Gigi.*
ILUSTRASI Pasta Gigi.* /PEXELS



PRFMNEWS - Gigi adalah bagian dari sistem pencernaan yang berfungsi untuk melumat makanan.

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat terlihat oleh orang lain. Saat gigi kita terlihat bersih dan terawat akan enak dipandang oleh orang lain.

Untuk mendapatkan gigi yang indah dan terawat anda harus merawatnya dengan baik. cara merawat gigi salah satunya dengan membersihkannya dengan pasta gigi.

Baca Juga: Memakai Celana Jeans Terlalu Ketat Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Lho

Namun ada bahan-bahan alami yang bisa menjadi pengganti pasta gigi, diantaranya:

Baking soda
Sebuah penelitian yang dilakukan di Journal of Clinical Dentistry mengemukakan bahwa baking soda ternyata dapat menghilangkan plak pada gigi.

Tak hanya untuk membersihkan plak, baking soda sebagai pengganti pasta gigi juga dapat menurunkan resiko iritasi pada gusi dan munculnya karang gigi.

Cara membersihkan gigi dengan baking soda anda cukup siapkan baking soda disebuah wadah lalu basahkan sikat dengan air dan celupkan sikat yang sudah basah kedalam baking soda. Selanjutnya anda dapat melakukannya sama seperti menggosok gigi dengan pasta gigi.


Garam
Garam memiliki kandungan mineral alami untuk gigi. Garam tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja, namun bisa sebagai pemutih alami gigi.

Baca Juga: Kemnaker Sebut Cuti Bersama Bulan Oktober Bagi Pekerja Swasta Tidak Wajib

Caranya mudah. Anda cukup mengganti pasta gigi dengan garam seperti biasa.

Namun hal tersebut ditakutkan merusak email gigi, dianjurkan untuk melarutkan dulu garam kedalam air lalu celupkan sikat gigi kedalam air garam. Membersihkan gigi dengan garam maksimal 1-2 minggu sekali.

Minyak kelapa
Minyak kelapa mengandung asam laurat yang saat sudah masuk kedalam tubuh akan terpecah menjadi senyawa monolaurin.

Keduanya memiliki khasiat yang sama untuk membunuh bakteri yang ada dalam mulut, mengurangi plak, menyehatkan gusi, dan mencegah kerusakan gigi dan gusi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x