Lebih Baik Tinggalkan, Ini Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku

- 1 Oktober 2020, 12:24 WIB
ILUSTRASI kuku.*
ILUSTRASI kuku.* /Pexels/

PRFMNEWS - Setiap orang memiliki cara dan kebiasaan yang beragam untuk melepaskan rasa stress, gelisah, dan khawatir. Salah satunya adalah dengan menggigit jari.

Untuk kamu yang memiliki kebiasaan menggigit jari, ternyata ada beragam bahaya yang siap menanti kamu dalam jangka panjang jika kebiasaan itu terus dilakukan.

Seperti dikutip dari Vital Record, berikut beberapa bahaya dari kebiasaan menggigit kuku :

Baca Juga: Makanan Ini Dapat Membuat Kulit Cantik Sempurna

1. Menimbulkan Penyakit
Kuman dan bakteri pada kuku dapat memicu terjadinya penyakit. Ketika kamu menggigit kuku, bukan hal yang mustahil kuman dan bakteri itu bisa masuk ke dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan penyakit.

2. Meningkatkan Risiko Infeksi
Kebiasaan ini dapat berpotensi mengahidrkan bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan infeksi, diantaranya paronikia. Gejala paronikia sendiri meliputi area yang nyeri, merah, dan bengkak di sekitar kuku.

Jika kebiasaan menggigit kuku ini dilakukan pada kuku yang memiliki kutil, kemudian kamu menggigit kuku yang lain.maka berpotensi menyebabkan kutil menyebar ke daerah lain.

Baca Juga: Sebulan Digelar, Omzet UMKM yang Ikuti Pasar Kreatif Bandung 2020 Capai Rp1 Miliar

3. Dapat Merusak Gigi
Menggigit kuku secara rutin dapat menyebabkan gigi bergeser keluar dari tempatnya. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan gigi patah atau merusak enamel gigi. Selain itu, keberadaan kuman pada kuku juga berpotensi menginfeksi dan menyebabkan iritasi pada gusi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Vital Record


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x