Ini 4 Alasan Mobil Bisa Terbakar Secara Tiba-tiba

- 16 Oktober 2020, 13:31 WIB
Satu unit mobil hangus terbakar di Jalan Setiabudi, Jumat 16 Oktober 2020.
Satu unit mobil hangus terbakar di Jalan Setiabudi, Jumat 16 Oktober 2020. /Diskar PB Kota Bandung

PRFMNEWS - Insiden mobil terbakar bisa menimpa siapa saja, salah satu penyebab utamanya adalah karena mobil tidak pernah dirawat atau dicek berkala oleh pemilik.

Akibat tidak pernah dicek berkala, maka ada beberapa komponen yang rusak dan bisa memicu percikan api karena korsleting. Namun, apakah anda tahu komponen-kompnen apa saja yang bisa memicu mobil terbakar?

Head of Regional Training Suzuki Jabar PT Nusantara Jaya Sentosa (NJS), Toni Sugiharto Koswara membeberkan beberapa faktor mobil bisa terbakar.

1. Kebocoran sistem bahan bakar
Penyebab pertama kebakaran adalah kebocoran sistem bahan bakar, seperti pada selang, pipa, atau tangki bensin. Jika komponen itu bocor dan menimbulkan percikan api maka kebakaran bisa terjadi.

2. Korsleting kelistrikan
Tidak berfungsi dengan baik pada bagian kelisitrikan atau istilahnya korsleting juga menjadi faktor kebakaran mobil. Contohnya yaitu jika kabel-kabel listrik sudah tidak bagus, lalu terjadi hubungan arus pendek maka bisa muncul api.

3. Kebocoran cairan lain
Ya, tidak hanya kebocoran sistem bahan bakar, tetapi kebocoran cairan lain yang bersifat rentan terhadap api, seperti oli mesin, oli transmisi, atau oli rem juga mengundang percikan api.

4. Overheat
Keadaan overheat atau mesin terlalu panas bisa membuat mobil terbakar, apalagi sekarang sudah banyak mobil memiliki Catalytic Converter yang juga berpotensi overheat.

Bagaimana mencegah kebakaran mobil?
Apapun mobilnya, baik itu mobil keluaran terbaru atau lama jika tidak dilakukan perawatan rutin maka tetap saja berpotensi kebakaran.

Pasalnya kita tidak tahu seperti apa kondisi kabel kelistrikan, kebocoran sistem bahan bakar dan komponen lainnya yang sudah tidak layak pakai.

"Karena mobil apapun bisa mengalami kejadian terbakar, seperti di Jakarta pernah ada mobil mewah mobil sport padahal mobil baru kebakaran, nah itu bisa saja karena overheat," ujar Toni saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Jumat 16 Oktober 2020.

Oleh karena itu sebaiknya anda rutin menyervis kendaraan ke bengkel resmi, dan selalu mengecek kondisi mobil sebelum digunakan. Salah satu komponen pentingnya adalah aki.

Apa yang harus dilakukan pertama kali ketika mobil overheat?
Penyebab paling utama dari overheat adalah sistem pendinginan kendaraan tidak berjalan baik. Misalnya air radiator habis atau terjadi kebocoran.

Ketika suhu mesin melonjak di atas batas, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah ke pinggir jalan, berhenti, dan matikan mesin kendaraan.

"Maka sebaiknya mobil berhenti, biarkan saja dulu supaya dingin. Jadi jangan langsung buka kap radiator, ke pinggir jalan aja dulu," tandasnya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x