Pengguna Instagram di Indonesia Sudah Bisa Gunakan Fitur Instagram Shopping, Begini Cara Pakainya

- 7 Oktober 2020, 19:19 WIB
Fitur Instagram Shopping di IGTV.
Fitur Instagram Shopping di IGTV. /Dok Facebook Indonesia (Instagram).

PRFMNEWS – Instagram secara resmi mengumumkan bahwa pengguna di Indonesia sudah bisa menikmati fitur Instagram Shooping. Dengan fitur terbaru ini, pengguna Instagram bisa langsung berbelanja via aplikasi Instagram.

Fitur Instagram Shopping ini juga sekarang tersedia di IGTV. Dengan demikian, Instagram memberikan opsi lebih banyak bagi pebisnis dan kreator dalam menciptakan konten yang menarik untuk menjual produk-produk mereka.

Untuk menggunakan fitur Instagram Shopping, pertama-tama pelaku bisnis harus membua ‘Toko’ melalui Commerce Manager.

Baca Juga: Blt Rp600 Ribu Tahap 5 Mulai Disalurkan Hari Ini, Menaker Pastikan Penyaluran Tepat Sasaran

Setelah berhasil, selanjutnya pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram, lalu pilih Pengaturan 

2. Pilih Bisnis dan klik Siapkan Instagram Shopping

3. Ikuti langkah-langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun. Demi menjaga keamanan pengguna di platform Instagram, seluruh proses peninjauan untuk permohonan fitur Shopping dilakukan oleh manusia (human reviewer) untuk meminimalisir kesalahan. Oleh karena itu, proses peninjauan ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari, bahkan terkadang dapat memerlukan waktu yang lebih lama.

4.Untuk melihat status peninjauan akun bisnis, kunjungi Belanja di Pengaturan.

Baca Juga: Ancam Kadis PUPR Bandung Barat, Tersangka Namai Ular Sanca Miliknya dengan Nama Arnold

Jika permohonan telah disetujui, pelaku bisnis dapat mengaktifkan fitur Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram Anda, lalu pilih Pengaturan

2. Pilih Bisnis dan klik Shopping. Jika pelaku bisnis tidak dapat menemukan pilihan Shopping pada menu Bisnis di Pengaturan, besar kemungkinan akun tersebut masih dalam proses peninjauan atau permohonan untuk mendapatkan Instagram Shopping

3. Pilih Katalog Produk yang ingin dihubungkan dengan akun bisnis

4. Tekan Selesai dan pelaku bisnis dapat langsung menggunakan tag Shopping dalam postingan-postingan mereka.

Baca Juga: Ini Dia Top Go-To Merchant Baru ShopeePay yang Bermanfaat untuk Kamu

Seperti dikutip prfmnews.id dari keterangan resmi Instagram, Indonesia secara global terus menempati posisi lima besar negara dengan jumlah profil bisnis terbanyak di Instagram.

“Instagram menjadi wadah penggerak bagi pebisnis dalam memasarkan produk dan mendorong penjualan, terutama di tengah masa pandemi ini. Fitur Shopping yang diluncurkan secara bertahap mulai hari ini adalah kelanjutan dari komitmen kami dalam membantu UMKM dan kreator di Indonesia untuk terus 'naik kelas' dan meraih sukses, baik di dalam maupun di luar negeri," ujar Pieter Lydian, Country Director, Facebook di Indonesia.

Untuk itu, Instagram mulai 6 Okotber 2020 mengumumkan peluncuran fitur Instagram Shopping untuk semua akun bisnis dan kreator di Indonesia yang akan dilakukan secara bertahap, untuk memaksimalkan strategi pemasaran mereka di Instagram.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x