Termasuk Melinjo, 10 Tanaman Obat Pembunuh Sel Kanker ini Sudah Teruji Ilmiah, Kata Guru Besar ITB

- 17 Januari 2024, 16:00 WIB
Melinjo bisa menyebabkan asam urat/
Melinjo bisa menyebabkan asam urat/ /pixabay Gracia 31

PRFMNEWS – Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Mengonsumsi obat herbal, kata Guru Besar sekaligus Dosen Farmakologi Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. I Ketut Adnyana, M.Si., Ph.D, bisa menjadi cara alternatif melawan sel kanker dalam tubuh, selain metode medis untuk pengobatan penderita kanker seperti operasi, radiasi, antibody monoclonal, dan kemoterapi.

Ada 10 tanaman obat, kata Prof. Ketut, yang berpotensi untuk melawan sel kanker dalam tubuh manusia agar tidak terus berkembang. Tumbuhan ini, imbuhnya, sudah teruji secara ilmiah memiliki senyawa aktif yang dapat membunuh sel kanker sehingga bisa dikonsumsi sebagai obat herbal pelawan kanker.

Baca Juga: Pendidikan Sespim Polri Tahun 2024 Resmi Dibuka

Sepuluh tanaman obat pembunuh sel kanker, sebutnya, adalah Tapak Dara (Vinca rosea), Taxol (Taxus sp), Lempuyang Wangi (Zingiber zerumbet), Temu Kunci (Boesenbergia pandurata), Melinjo/Tangkil (Gnetum gnemon), Daun Sirsak (Annona muricata), Bawang Tiwai (Eleutherine americana), Keladi Tikus, biji dari buah Anggur, dan Propolis (dari lebah madu).

“Kesepuluh potensi obat herbal ini telah melalui berbagai uji coba untuk memastikan bahwa obat tersebut benar-benar dapat membunuh sel kanker, yakni melalui uji kandungan senyawa aktif, uji tingkat sel, uji menggunakan hewan percobaan, dan diuji langsung kepada penderita kanker. Hasilnya, kesepuluh jenis herbal tersebut dapat menekan aktivitas sel kanker dan mendapat testimoni positif dari pasien uji coba,” jelas Prof. Ketut dalam keterangan tertulisnya di laman resmi ITB, dikutip prfmnews.id pada Rabu, 17 Januari 2024.

Prof. Ketut mengungkapkan, salah satu tanaman obat yang sudah banyak digunakan untuk melawan sel kanker adalah daun sirsak. Dia menyebutkan saat dibandingkan dengan obat kanker yang standar digunakan, yaitu tamoxifen, senyawa aktif dari daun sirsak ternyata lebih baik untuk menekan sel kanker.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Restoran Italia di Bandung yang Rasanya Otentik dan Delizioso

Selain itu, potensi lainnya yang menarik adalah melinjo. Ternyata, biji melinjo memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat baik menekan pertumbuhan sel kanker yaitu gnetin C dan trans-resveratrol.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x