8 Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh: Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah, Kolesterol, hingga Berat Badan

- 13 September 2023, 13:00 WIB
Buah Naga.
Buah Naga. // Foto Pixabay/

PRFMNEWS - Buah naga merah merupakan buah yang lezat dan menyegarkan dengan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Selain harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan, buah naga merah juga dapat memberikan dampak positif pada tubuh.

Dilansir prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES, berikut ini merupakan 8 manfaat kesehatan dari buah naga merah.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah naga merah kaya akan magnesium dan kalium yang dapat membantu seseorang untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Naga Bagi Penderita Diabetes Menurut dr. Cahyo

  1. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kandungan serat dalam buah naga membantu mengurangi penyerapan kolesterol, yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin B3 atau niasin yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Biji buah naga yang berwarna hitam juga mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida.

  1. Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung Koroner

Buah naga dapat membantu mencegah terbentuknya plak atau sumbatan pada pembuluh darah, mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Hal ini karena kombinasi penurunan tekanan darah, penurunan kadar kolesterol, dan kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan likopen pada buah naga dapat membantu mencegah kanker prostat. Serat dalam buah naga membantu melancarkan pencernaan, yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Kandungan antosianin dalam buah naga melindungi tubuh dari efek radikal bebas, yang juga dapat mengurangi risiko kanker.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x