Tips Hemat BBM agar Mobil Irit Bahan Bakar, Saat Mudik Lebaran

- 3 April 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi arus mudik.
Ilustrasi arus mudik. /Twitter @my_is_may

PRFMNEWS - Ketika akan melakukan perjalanan jauh dengan mobil seperti mudik Lebaran, salah satu pengeluaran terbesar adalah biaya untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) atau bensin.

Selain itu, harga bahan bakar minyak (BBM) terus mengalami kenaikan. Nah, kamu bisa terapkan cara hemat BBM mobil saat mudik lebaran ini agar pengeluaran tetap terkontrol.

Kamu dapat mencoba tips hemat BBM berikut supaya kendaraan lebih hemat BBM dan gak bikin kantong kering saat kamu mudik lebaran.

Baca Juga: Ini Prediksi Tanggal Puncak Arus Mudik 2023

1. Mobil dalam keadaan prima
Sebelum melakukan perjalan jauh, ada baiknya pemilik kendaraan melakukan perawatan atau pengecekan pada kendaraan yang hendak digunakan nanti.

2. Perawatan rutin mobil secara rutin
Pemeliharaan berkala wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan jika ingin konsumsi BBM yang efisien. Pasalnya dengan melakukan perawatan rutin maka performa kendaraan akan selalu optimal, karena kotoran pada busi dan koil akan hilang.

Sehingga, akan mempercepat putaran mesin sehingga semakin besar tenaganya dan semakin besar penggunaan kecepatannya.

3. Cara mengemudi
Cara berkemudi juga menjadi faktor utama dalam menjaga keiritan konsumsi BBM, pengguna yang memiliki kebiasaan ugal-ugalan akan justru memiliki resiko pengeluaran yang berlebih untuk konsumsi BBM.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x