Jangan Lewatkan! 10 Persiapan untuk Menyambut Ramadhan 2023, Termasuk Lunasi Utang Puasa

- 6 Maret 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi Ramadhan.
Ilustrasi Ramadhan. /Pixabay/jette55

PRFMNEWS - Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan puasa ramadhan yang merupakan bulan suci ini dikenal sebagai bulan yang penuh ampunan.

Ramadhan merupakan waktu yang istimewa bagi umat muslim untuk melakukan amal dan ibadah dengan menahan hawa nafsu dan berbuat baik kepada sesama. Ini adalah waktu khusus bagi umat Islam untuk beribadah dengan menahan hawa nafsu mereka dan berbuat baik kepada orang lain.

Bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada bulan ini yaitu Maret 2023. Tentunya persiapan menyambut Ramadhan harus sudah dimulai. Hal ini dilakukan agar nantinya bisa lebih fokus beribadah, maka dari itu simak terus yuk artikelnya!

Baca Juga: Awal Puasa 1 Ramadhan 2023 Muhammadiyah dan Persis Sama, Lebaran Idul Fitri 1444 H Beda

Menjalani puasa ramadhan selama 30 hari dibutuhkan persiapan yang baik dari mental maupun fisik. Secara mental kita harus mulai mempersiapkan diri dengan hati yang tulus dan ikhlas untuk mendekatkan diri dengan yang mahakuasa.

Di samping itu, agar tubuh sehat selama menjalankan puasa kita juga harus mempersiapkan kebutuhan serta asupan yang bernutrisi bagi tubuh. Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan puasa ramadhan 2023:

1. Membayar hutang puasa tahun lalu

Umat Islam tidak diwajibkan berpuasa ketika sakit, hamil, atau bepergian jauh. Namun, mereka harus mengganti jumlah puasa sesuai dengan hari-hari yang tidak berpuasa pada bulan-bulan lainnya. Penting untuk mengganti waktu puasa tahun-tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x